Soal Asesmen Akhir Tahun (AAT) Genap Pelajaran Al-Islam Kelas 11 Tahun Ajaran 2023-2024

1. Apa yang dibahas dalam Q.S. Yunus/10:40-41?

A) Kisah Nabi Yunus dan umatnya.

B) Konflik antara orang beriman dan orang kafir.

C) Ayat tentang keberagaman pendapat dalam agama.

D) Kehidupan sosial di Makkah pada masa Nabi Muhammad.

E) Pertanggungjawaban individu terhadap perbuatan mereka.

 

2. Dalam tafsir ayat Q.S. Yunus/10:40, mengapa ada dua kelompok penduduk Makkah?

A) Karena perbedaan status sosial.

B) Karena perbedaan etnis.

C) Karena perbedaan dalam iman kepada al-Qur'an.

D) Karena perbedaan dalam pekerjaan.

E) Karena perbedaan dalam politik.

 

3. Menurut tafsir, mengapa ada orang-orang yang tidak beriman kepada al-Qur'an meskipun percaya pada Nabi Muhammad?

A) Mereka ingin mempertahankan kedudukan sosial mereka.

B) Mereka tidak mengerti ajaran al-Qur'an.

C) Mereka tidak menyukai Nabi Muhammad.

D) Mereka sedang mencari kebenaran.

E) Mereka tidak tertarik pada agama.

 

4.  Apa arti dari "sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan"?

A) Allah menilai orang berdasarkan penampilan mereka.

B) Allah memiliki informasi tentang siapa yang memerbuat kerusakan.

C) Allah tidak peduli dengan perbuatan manusia.

D) Manusia lebih tahu tentang perbuatan mereka sendiri.

E) Allah hanya memperhatikan orang beriman.

 

5. Dalam Q.S. Yunus/10:41, apa yang ditekankan kepada Nabi Muhammad untuk menyampaikan kepada mereka yang mendustakannya?

A) Nabi harus membalas dengan kekerasan.

B) Nabi harus menghukum mereka.

C) Nabi harus meminta bantuan kepada Allah.

D) Nabi harus mengabaikan mereka.

E) Nabi harus berkata bahwa setiap orang bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri.

 

6. Apa hubungan antara Q.S. Yunus/10:40-41 dan konsep toleransi dalam Islam?

A) Ayat tersebut tidak berhubungan dengan toleransi.

B) Ayat tersebut mengajarkan untuk tidak toleran terhadap orang kafir.

C) Ayat tersebut mengajarkan untuk berperang melawan orang kafir.

D) Ayat tersebut mengajarkan pentingnya menghormati perbedaan dalam keyakinan.

E) Ayat tersebut mengajarkan untuk mengabaikan orang yang tidak setuju dengan kita.

 

7. Berdasarkan tafsir, mengapa ayat Q.S. Yunus/10:40-41 dianggap menghibur Nabi Muhammad?

A) Karena Nabi tidak perlu lagi berdakwah.

B) Karena Nabi sudah mengalahkan musuh-musuhnya.

C) Karena Allah telah memberikan pertolongan kepada Nabi.

D) Karena Nabi telah berhasil membuat semua orang beriman.

E) Karena Allah memahami perjuangan Nabi dalam berdakwah.

 

8. Menurut hadis Nabi Muhammad, ajaran agama Islam yang paling dicintai Allah adalah yang seperti apa?

A) Ajaran yang keras dan tegas.

B) Ajaran yang memaksa semua orang untuk mengikuti.

C) Ajaran yang menekankan hukuman untuk pelanggaran.

D) Ajaran yang lembut, mudah, dan tidak memaksa.

E) Ajaran yang melibatkan banyak ritual dan upacara.

 

9. Apa yang dimaksud dengan "tasamuh" dalam Bahasa Arab?

A) Keberanian dan kemandirian.

B) Kekuatan dan ketangguhan.

C) Kemurahan hati, kesabaran, dan kelapangan dada.

D) Kecepatan dan ketepatan.

E) Kepintaran dan kebijaksanaan.

 

10. Apa inti dari prinsip "al-samhah" (toleran) dalam Islam?

A) Memaksa semua orang untuk mengikuti keyakinan kita.

B) Tidak menghargai pendapat orang lain.

C) Memberlakukan hukuman kepada mereka yang berbeda pendapat.

D) Berusaha untuk memaksa perubahan pada masyarakat.

E) Kemudahan, tidak menyusahkan, dan menghormati perbedaan.

 

11. Apa yang dapat diambil sebagai pesan utama dari Q.S. Yunus/10:40-41 terkait dengan toleransi?

A) Setiap individu bertanggung jawab atas keyakinannya.

B) Hanya Allah yang menilai iman seseorang.

C) Orang beriman harus memaksakan keyakinannya pada orang lain.

D) Orang beriman harus mengevaluasi keyakinan orang lain.

E) Keyakinan individu harus disesuaikan dengan norma sosial.

 

12. Mengapa Nabi Muhammad marah dalam hadis tentang shalat yang dipimpin oleh Mu’adz?

A) Karena Mu’adz tidak menghormati Nabi.

B) Karena Mu’adz memanjangkan shalatnya.

C) Karena Mu’adz tidak tulus dalam beribadah.

D) Karena Mu’adz membuat para sahabat bosan.

E) Karena Mu’adz melanggar perintah Allah.

 

13. Mengapa Nabi Muhammad mendoakan kabilah Daus yang mendurhakai dakwahnya?

A) Untuk memuaskan permintaan mereka.

B) Agar mereka merasa bersalah.

C) Agar mereka binasa.

D) Agar mereka memahami ajaran Islam.

E) Agar mereka mendapatkan hidayah dan masuk Islam.

 

14. Dalam hadis tentang pembawa jenazah Yahudi, mengapa Nabi Muhammad berdiri?

A) Karena ia mengagumi orang Yahudi tersebut.

B) Karena ia ingin memberikan penghormatan.

C) Karena ia percaya kepada ajaran Yahudi.

D) Karena ia ingin menunjukkan kuasa Islam.

E) Karena ia ingin memprovokasi orang Yahudi.

 

15. Apa pesan yang ingin disampaikan oleh Sunan Kudus dengan tidak menyembelih sapi di kedai-kedai makanan?

A) Untuk menghemat dana.

B) Agar sapi terjaga kelestariannya.

C) Untuk menghindari hukum agama.

D) Agar lebih mendekati ajaran Yahudi.

E) Sebagai bentuk toleransi kepada pemeluk agama lain.

 

16. Mengapa toleransi dalam akidah atau ibadah tidak dianjurkan dalam Islam?

A) Karena orang lain mungkin mengajak kepada kesesatan.

B) Karena orang lain mungkin tidak memiliki keyakinan yang benar.

C) Karena Islam menghendaki dominasi agama ini.

D) Karena keyakinan harus dijaga agar tidak goyah.

E) Karena akidah adalah urusan pribadi yang tidak boleh dibicarakan.

 

17. Apa indikator penting untuk menciptakan kerukunan umat beragama menurut data Puslitbang Bimbingan Masyarakat Agama dan Layanan Keagamaan?

A) Kesamaan agama.

B) Toleransi antaragama.

C) Penolakan perbedaan agama.

D) Kesetiaan terhadap agama sendiri.

E) Dominasi agama mayoritas.

 

18. Mengapa toleransi dianggap penting dalam Penguatan Pendidikan Karakter?

A) Agar semua orang menjadi beragama yang sama.

B) Agar semua orang memiliki keyakinan yang sama.

C) Agar semua orang menjalankan ibadah yang sama.

D) Agar semua orang bisa hidup harmonis dengan perbedaan.

E) Agar semua orang mematuhi agama mayoritas.

 

19. Mengapa pesan dalam Q.S. Yunus/10:40-41 penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?

A) Agar semua orang bisa menjadi sama dalam keyakinan.

B) Agar setiap individu bertanggung jawab atas keyakinannya.

C) Agar semua orang mematuhi ajaran Islam.

D) Agar semua orang tunduk pada otoritas keagamaan.

E) Agar semua orang menjadi lebih toleran.

 

20. Apa implikasi dari sikap toleransi terhadap umat agama lain dalam kehidupan sehari-hari?

A) Semua agama harus bergabung menjadi satu.

B) Setiap individu harus meninggalkan agamanya.

C) Setiap individu harus mengadopsi agama mayoritas.

D) Setiap individu harus memahami dan menghormati perbedaan agama.

E) Setiap individu harus membela agama mereka dengan keras.

 

21. Apa yang dimaksudkan dengan hukum yang ditetapkan bagi Bani Israil dalam ayat Q.S. al-Maidah/5:32?

A) Hukuman mati bagi pembunuh.

B) Hukuman penjara bagi pembunuh.

C) Hukum pembayaran denda bagi pembunuh.

D) Hukuman pembuangan bagi pembunuh.

E) Hukuman berat bagi pelaku kejahatan.

 

22. Bagaimana ayat Q.S. al-Maidah/5:32 menjelaskan tentang konsep memelihara kehidupan manusia?

A) Siapa pun yang membunuh, wajib memelihara kehidupan lain.

B) Siapa pun yang membunuh, akan dihukum dengan kematian.

C) Siapa pun yang membunuh, hanya harus membayar denda.

D) Siapa pun yang memelihara kehidupan, akan mendapat pahala besar.

E) Siapa pun yang memelihara kehidupan, akan dihukum dengan penjara.

 

23. Mengapa Bani Israil ditekankan dalam ayat Q.S. al-Maidah/5:32?

A) Karena mereka adalah umat pertama yang membunuh.

B) Karena mereka adalah umat yang paling adil.

C) Karena mereka sering membantu orang lain.

D) Karena mereka memiliki hukum yang sama dengan umat muslim.

E) Karena mereka sering melampaui batas dalam berbuat kerusakan.

 

24. Apa yang dimaksud dengan "membunuh bukan karena berbuat kerusakan di bumi" dalam ayat Q.S. al-Maidah/5:32?

A) Membunuh untuk mempertahankan diri.

B) Membunuh dalam peperangan.

C) Membunuh karena dendam pribadi.

D) Membunuh karena menghalangi ajaran agama.

E) Membunuh untuk menghukum tindak kriminal.

 

25. Menurut Tafsir al-Mishbah, apa yang menjadi tujuan di balik penetapan hukum dalam ayat Q.S. al-Maidah/5:32?

A) Mencegah pembunuhan dalam perang.

B) Menghukum para pembunuh.

C) Menunjukkan keberpihakan pada Bani Israil.

D) Mengajarkan bahwa Allah adalah Mahakuasa.

E) Menciptakan rasa aman dan persatuan.

 

26. Apa maksud dari "Barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia"?

A) Orang yang menyelamatkan nyawa manusia layak dihormati.

B) Orang yang menyelamatkan nyawa satu orang, seolah-olah telah menyelamatkan semua orang.

C) Orang yang berusaha melindungi nyawa akan mendapat pahala besar.

D) Orang yang berbuat baik kepada manusia akan diakui oleh Allah.

E) Orang yang peduli terhadap nyawa manusia akan memiliki banyak teman.

 

27. Bagaimana ulama tafsir Ibnu 'Asyur memahami maksud hukum yang ditetapkan bagi Bani Israil dalam ayat Q.S. al-Maidah/5:32?

A) Hukum ini hanya berlaku untuk Bani Israil.

B) Hukum ini hanya berlaku untuk umat muslim.

C) Hukum ini telah ditetapkan Allah sejak zaman Nabi Adam.

D) Hukum ini hanya berlaku untuk hukum pidana.

E) Hukum ini hanya berlaku dalam peperangan.

 

28. Menurut Tafsir al-Azhar, mengapa ayat Q.S. al-Maidah/5:32 ditekankan kepada Bani Israil?

A) Karena Bani Israil adalah umat pertama yang membunuh.

B) Karena Bani Israil paling suka membantu orang lain.

C) Karena Bani Israil sering melampaui batas dalam berbuat kerusakan.

D) Karena Bani Israil sering merampas harta umat muslim.

E) Karena Bani Israil sering membunuh para nabi.

 

29. Menurut al-Maraghi, jenis pembunuhan apa yang dilarang dalam ayat Q.S. al-Maidah/5:32?

A) Pembunuhan dalam perang.

B) Pembunuhan dalam membela diri.

C) Pembunuhan sebagai hukuman pidana.

D) Pembunuhan karena permusuhan.

E) Pembunuhan untuk mempertahankan agama.

 

30. Apa yang dimaksud dengan "membuat kerusakan di muka bumi" dalam ayat Q.S. al-Maidah/5:32?

A) Merusak harta benda orang lain.

B) Membunuh dengan dendam pribadi.

C) Mengganggu ketertiban sosial.

D) Melakukan tindak kriminal.

E) Merampok harta negara.

 

31. Apa hukuman yang dijelaskan dalam hadis terkait dengan membunuh seorang mu'ahad (orang nonmuslim yang mendapatkan janji jaminan keamanan dari orang muslim)?

A) Hukuman berat dalam dunia dan akhirat.

B) Tidak ada hukuman karena mu'ahad dilindungi.

C) Hukuman denda kepada pelaku.

D) Hukuman pidana mati.

E) Hukuman penjara seumur hidup.

 

32. Mengapa membawa benda yang dapat menyakiti orang lain, seperti senjata tajam, dilarang dalam hadis Nabi Muhammad Saw.?

A) Karena benda tersebut bisa digunakan untuk berperang.

B) Karena itu dapat merugikan ekonomi umat muslim.

C) Karena itu mengganggu ketertiban masyarakat.

D) Karena itu menunjukkan sifat agresif.

E) Karena malaikat akan melaknat orang yang melakukannya.

 

33. Apa konsekuensi dari menumpahkan darah dan melakukan tindakan merugikan terhadap orang lain di dunia meskipun seseorang rajin beribadah seperti salat, puasa, dan zakat?

A) Orang tersebut akan diberi pahala tambahan.

B) Orang tersebut tetap akan masuk surga.

C) Orang tersebut diampuni dosanya.

D) Orang tersebut akan dihukum di akhirat.

E) Orang tersebut akan mendapat ampunan karena ibadahnya.

 

34. Apa dampak dari orang yang telah didzalimi di dunia, tetapi dosa-dosanya belum terbayar semua, menurut hadis Nabi Muhammad Saw.?

A) Dosa-dosanya akan dihapuskan.

B) Orang tersebut akan mendapat tempat istimewa di surga.

C) Orang tersebut akan menerima pahala tambahan.

D) Dosa-dosa orang tersebut akan dijadikan beban bagi pelaku dzalim.

E) Orang tersebut akan mendapat ampunan.

 

35. Apa yang dimaksud dengan "orang yang bangkrut dari umatku" dalam hadis Nabi Muhammad Saw.?

A) Orang yang tidak memiliki harta benda.

B) Orang yang mengalami kerugian ekonomi.

C) Orang yang tidak beribadah dengan baik.

D) Orang yang telah membunuh mu'ahad.

E) Orang yang melakukan dzalim kepada sesamanya.

 

36. Mengapa penting bagi pelajar SMA dan SMK serta calon pemimpin muslim untuk menebarkan kedamaian dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam materi di atas?

A) Agar mereka mendapatkan pujian dari masyarakat.

B) Agar mereka bisa menunjukkan kekuasaan mereka.

C) Agar mereka dapat melindungi diri sendiri.

D) Agar mereka bisa memimpin dengan tegas.

E) Agar mereka menjadi duta Islam yang berkontribusi pada kedamaian dan kebaikan masyarakat.

 

37. Apa pesan yang dapat diambil dari larangan membunuh mu'ahad dalam agama Islam?

A) Semua orang harus menjadi muslim untuk mendapat perlindungan.

B) Setiap orang memiliki hak untuk hidup dalam keamanan.

C) Orang nonmuslim harus tunduk pada orang muslim.

D) Hanya orang muslim yang berhak hidup dengan aman.

E) Perlindungan kehidupan hanya berlaku dalam masyarakat muslim.

 

38.  Mengapa penting bagi umat muslim untuk menghormati mu'ahad dan tidak menzhaliminya?

A) Agar mereka bisa mendapatkan pahala dari Allah.

B) Agar umat muslim bisa menunjukkan superioritas.

C) Agar mu'ahad menjadi tunduk pada umat muslim.

D) Agar hubungan antara umat muslim dan mu'ahad tetap baik.

E) Agar umat muslim tidak dihukum di akhirat.

 

39.  Apa hukuman yang diancamkan bagi orang yang memberi isyarat mengancam kepada saudaranya menurut hadis Nabi Muhammad Saw.?

A) Dia akan dihukum di dunia.

B) Dia akan dicela oleh malaikat.

C) Dia akan dijauhi oleh masyarakat.

D) Dia akan mendapat hukuman penjara.

E) Dia akan mendapat kutukan dari Allah.

 

40.  Bagaimana konsep Islam dalam menghargai kehidupan manusia dan menjaga hak asasi manusia?

A) Hak asasi manusia hanya berlaku bagi umat muslim.

B) Hanya manusia yang beragama Islam yang memiliki hak untuk hidup.

C) Semua manusia, baik muslim maupun nonmuslim, memiliki hak untuk hidup dan dihormati.

D) Hanya orang yang berperilaku baik yang berhak untuk hidup.

E) Hak asasi manusia hanya berlaku bagi orang yang beragama Islam dan taat beribadah.

 

41. Dalam Hadis Nabi Muhammad Saw. yang diriwayatkan Al-Bukhāri, bahwa maksudnya kekayaan itu adalah ….

A. Kekayaan harta
B. Kekayaan hati
C. Kekayaan pikiran
D. Kekayaan materi
E. Kekayaan intelektual

42. Perhatikan Q.S. Al-Ahzab/33: 35 di bawah ini!

اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذّٰكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذّٰكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا

Dari ayat di atas, merupakan dalil naqli tentang salah satu cabang iman yaitu ….

A. Menjaga kehormatan
B. Ikhlas
C. Malu
D. Zuhud
E. Taqarrub

43. Di bawah ini yang merupakan pemahaman yang benar tentang sifat zuhud adalah . . . .

A. Tidak boleh memiliki harta karena akan melalaikan kepada Allah
B. Mencari harta dengan optimal untuk keluarga mumpung masih hidup
C. Mengesampingkan kewajiban kerja dengan selalu beribadah
D. Mencari nafkah sepanjang waktu dalam hidup karena waktu adalah uang
E. Menjadikan harta dunia untuk mengantarkan kebahagiaan di akhirat

44. Meninggalkan kenikmatan duniawi untuk mendapatkan kenikmatan akhirat merupakan salah satu ciri orang yang memiliki sifat zuhud. Namun tidak hanya itu, orang yang memiliki sifat zuhud memiliki ciri
lain yaitu . . . .

A. Senang mencela dan susah untuk memuji orang lain
B. Membenci orang yang memberikan celaan kepadanya
C. Marah-marah ketika mendapat pujian orang lain
D. Sangat senang akan pujian yang datang dari orang lain
E. Bersikap sederhana baik saat dipuji maupun saat dicela

45. Di bawah ini merupakan tingkatan ikhlas dengan urut adalah ….

A. Awam, khas, dan khawasul khas
B. Awam, khawasul khawas, dan khawas
C. Awam, khawas, dan khawasul khawas
D. Awam, khas, dan khawasul khawas
E. Awam, khawas, dan khawasul khas

46. Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri orang ikhlas adalah ….

A. Malas beribadah jika sendirian dan rajin dihadapan banyak orang
B. Senantiasa beramal dan bersungguh-sungguh dalam beramal
C. Bergairah beribadah ketika dipuji dan tidak bersemangat jika dicela
D. Melakukan segala sesuatu yang dilarang oleh Allah Swt.
E. Membedakan antara amal yang rewardnya besar dan kecil

47. Di bawah ini merupakan manfaat ikhlas adalah …..

A. Menambah kekayaan di dunia
B. Terhindar dari tipu daya setan
C. Menjadi orang yang terkenal
D. Mendapatkan pujian dari teman
E. Dicari banyak orang untuk dibantu

48. Dalam Hadis Nabi Muhammad Saw. yang diriwayatkan Al-Tirmidzī bahwa yang termasuk malu kepada Allah dengan sebenarnya adalah ….

A. Menjaga seluruh jiwanya dengan mengikutsertakan program asuransi
B. Menjaga harta benda yang dimilikinya dengan menabung di Bank Syari’ah
C. Menjaga seluruh anggota badan dari perbuatan yang dilarang oleh agama Islam
D. Menjaga seluruh keluarga dengan memasang CCTV di dalam dan di luar rumah
E. Menjaga lingkungan sekitar dengan melakukan jaga malam secara bergantian

49. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) Menghindari dari perbuatan maksiat
2) Menghantarkan hambanya melakukan kebaikan
3) Mengurangi rezeki
4) Lebih dekat dengan Allah Swt.
5) Tidak mendapatkan pekerjaan

Dari pernyataan di atas, yang termasuk manfaat sikap malu sebagai
cabang Iman adalah ….

A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 1)
E. 3), 5), dan 1)

50. Malu merupakan tanda baik atau tidaknya iman seseorang. Malu berbeda dengan tidak percaya diri. Oleh karenanya, malu ini harus ditempatkan pada posisi yang tepat. Salah satu penerapan sifat malu yang tepat di bawah ini adalah….

A. Malu tidak mengerjakan tugas
B. Malu menghadiri pengajian umum
C. Malu diejek teman apabila berjilbab
D. Malu salat berjama’ah di masjid
E. Malu tidak mempunyai HP terbaru

51. Adab dari segi bahasa menunjuk kepada sesuatu yang sudah lama dikakukan dan sudah membudaya dalm kehidupan. Dari sini dapat diketahui bahwa makna dari adab adalah kecuali….

A. adat istiadat
B. kebiasaan
C. etika
D. norma
E. kehendak

52. Perhatikan Q.S. Al-Hujurāt/49: 6 dibawah ini!

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ جَاۤءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوْٓا اَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًاۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلٰى مَا فَعَلْتُمْ نٰدِمِيْنَ

Dari ayat di atas dapat diketahui bahwa apabila seorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka kalian hendaknya ….

A. mengamati kebenaran beritanya
B. mengembalikan kembali ke orang tersebut
C. menyerahkan orang lain untuk menerimanya
D. meneliti kebenaran beritanya
E. meneruskan berita tersebut kepada orang lain

 

53. Perhatikan hadis Nabi Muhammad Saw. di bawah ini!

Dari hadis di atas dapat diketahui bahwa maksud muslim yang paling baik adalah ….

A. seorang muslim yang keluarganya merasa aman dari gangguan lisan dan tangannya
B. seorang muslim yang orang lain merasa aman dari gangguan lisan dan tangannya
C. seorang muslim yang kelompoknya merasa aman dari gangguan lisan dan tangannya
D. seorang muslim yang temannya merasa aman dari gangguan lisan dan tangannya
E. seorang muslim yang adiknya merasa aman dari gangguan lisan dan tangannya

54. Al-Qur’an memberikan panduan dalam menggunakan media sosial. Diantaranya adalah dalam Q.S. Al-Haj/22: 30. Dalam ayat tersebut, hendaknya kalian mematuhi adab menggunakan media sosial, yaitu ….

A. meneliti fakta atau kebenaran informasi yang diterima
B. menyampaikan informasi tanpa rekayasa atau manipulasi
C. bersikap bijak dalam menerima informasi atau berkomentar
D. berniat yang baik dalam menggunakan media sosial
E. dapat mengambil hikmah dalam menggunakan media sosial

55. Dalam mengupdate status atau mengunggah tulisan di media sosial, umat Islam harus mengikuti perintah dalam Al-Qur’an. Diantaranya dalam Q.S. Al-Hujurāt/49: 12. Di bawah ini adalah isi perintahnya, yaitu….

A. menghindari husnudzan, tajassus, dan ghibah
B. melaksanakan husnudzan, tajassus, dan ghibah
C. menghindari su’udzan, tajassus, dan melaksanakan ghibah
D. menghindari su’udzan, dan melaksanakan tajassus, dan ghibah
E. menghindari su’udzan, tajassus, dan ghibah

56. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) mengajak kepara orang lain untuk berbuat kebaikan
2) memilih teman bermain dari daerahnya sendiri
3) menyampaikan argumentasi dengan cara yang baik
4) berniat yang baik dalam menggunakan media sosial
5) memproduksi konten yang bersifat hate speech

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk adab menggunakan media sosial adalah ….

A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 5)
D. 3), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 1)

57. Dalam Hadis Nabi Muhammad Saw. yang diriwayatkan oleh Tirmidzī disebutkan bahwa maksud sebagian dari kebaikan Islam seseorang adalah ….

A. meninggalkan daerahnya untuk mencari rezeki
B. meninggalkan teman yang berbuat kemaksiatan
C. meninggalkan kemaksiatan menuju ketakwaan
D. meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat baginya
E. meninggalkan kampungnya untuk menuntut ilmu

58. Dalam Hadis Nabi Muhammad Saw. yang diriwayatkan Muslim bahwa barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ….

A. orang tersebut akan mendapatkan pahala yang lebih besar orang yang menjalankan kebaikan tersebut
B. orang tersebut akan mendapatkan pahala yang sama seperti orang yang menjalankan kebaikan tersebut
C. orang tersebut akan mendapatkan pahala kurang lebih sama dari orang yang menjalankan kebaikan tersebut
D. orang tersebut akan mendapatkan pahala dua kali lipat dari orang yang menjalankan kebaikan tersebut
E. orang tersebut akan mendapatkan pahala tiga kali lipat dari orang yang menjalankan kebaikan tersebut

59. Saat ini banyak para ustadz dan artis menggunakan media sosial untuk mengupload kegiatan kajian keislaman. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial dapat bermanfaat sebagai ….

A. media pertunjukkan ibadah
B. sarana dalam berdakwah
C. media menunjukkan status
D. perantara datangnya rizki
E. menaikkan popularitas

60. Di bawah ini adalah bentuk penerapan adab dalam menggunakan media sosial yang benar, yaitu ….

A. saling menghormati dan menghargai antaranggota dalam satu grup
B. mengirimkan berita di media sosial yang mengandung unsur tajassus
C. menanggapi komentar teman satu daerah saja di media sosial
D. mengajak teman untuk menyebarkan informasi yang belum tahu sumbernya
E. menghindari informasi yang mengajak untuk berbuat baik kepada sesama

61. Hadis di atas menjadi dasar penetapan hukum menikah bagi seorang laki-laki. Sesuai hadis tersebut, menikah hukumnya wajib bagi orang yang….

A. sudah memiliki pekerjaan tetap dan memiliki rumah sendiri serta memiliki tabungan
B. tidak ada alasan untuk menolak ataupun menerima dilakukannya sebuah pernikahan
C. sudah mampu menikah secara lahir batin serta tidak sanggup menghindar dari zina
D. sudah mampu menikah secara lahir batin dan mampu menghindar dari zina
E. sudah memiliki syarat-syarat sesuai dengan peraturan di lingkungan masyarakat

62. Seorang pria dan wanitia pergi melaksanakan umrah ke tanah suci. Disela-sela ibadah umrah, sebelum melakukan tahalul, dia melangsungkan pernikahan yang disaksikan oleh dua orang saksi. Dari peristiwa tersebut, hukum pernikahannya adalah ….

A. sunah
B. haram
C. wajib
D. mubah
E. makruh

63. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) harta
2) status
3) jabatan
4) agama
5) kecantikan/ketampanan
6) keturunan

Dari pernyataan di atas yang termasuk pertimbangan dalam menikah sebagaimana yang dituntunkan oleh Nabi Muhammad Saw. adalah ….

A. 1), 2), 3), dan 6)
B. 1), 2), 4), dan 6)
C. 1), 2), 5), dan 6)
D. 4), 5), 6), dan 1)
E. 4), 5), 6), dan 2)

64. Rukun nikah adalah suatu perkara yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan nikah, jika tidak maka nikahnya tidak sah. Rukun nikah itu adalah sebagai berikut, kecuali ….

A. calon suami
B. calon istri
C. ijab kabul
D. dua orang saksi
E. bapak calon istri

65. Kewajiban material suami kepada istrinya adalah ….

A. memberi perlindungan keselamatan kepada istrinya
B. memberi kesehatan badan dan rohani istri
C. memberi nafkah istri sesuai kemampuannya
D. memperhatikan keadaan istrinya dan melindungi istri
E. meningkatkan mutu keislaman istrinya

66. Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan nikah adalah …..

A. supaya hidup manusia tenteram dan bahagia
B. melaksanakan perintah Allah Swt.
C. membina rumah tangga dengan kasih sayang
D. mengikuti sunah Rasulullah Saw.
E. terpenuhinya kebutuhan biologis semata

67. Perhatikan daftar di bawah ini!

1) Calon suami;
2) Calon Istri;
3) Mahar;
4) Wali;
5) 2 orang saksi;
6) Walimah
7) Ijab qabul

Dari daftar di atas, yang termasuk rukun menikah ditunjukkan pada nomor ….

A. 1), 2), 3), 4), 5)
B. 1), 2), 3), 5), 6)
C. 1), 2), 3), 6), 7)
D. 1), 2), 4), 5), 6)
E. 1, 2), 4), 5), 7)

68. Batas usia minimal menurut UU No. 16 Tahun 2019 baik laki-laki maupun perempuan adalah …

A. 17 tahun
B. 18 tahun
C. 19 tahun
D. 20 tahun
E. 21 tahun

69. Hukum menikah ditujukan untuk orang yang sudah mampu dari segi lahir dan batin untuk menikah namun masih sanggup mengendalikan dirinya dari godaan yang menjurus kepada perzinaan adalah ….

A. wajib
B. sunah
C. haram
D. mubah
E. makruh

70. Di bawah ini yang bukan termasuk hikmah dalam pernikahan adalah ….

A. dapat melaksanakan perintah Allah Swt. dan Rasul-Nya;
B. terbentuknya keluarga bahagia dan saling menyayangi;
C. terhindar dari bahan ejekan dari masyarakat
D. terjalinnya hubungan yang diridhai oleh Allah Swt.
E. mendatangkan pahala dan menjauhkan dari dosa besar

71. Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat, tetapi juga soal dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia. Pemikiran ini dikemukakan oleh ….

A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi R. al-Tahtawi

72. Perhatikan tokoh di bawah ini!
1) Muhammad Ali Pasya
2) Muhammad Abduh
3) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi
4) KH. Ahmad Dahlan
5) KH. Hasyim Asy’ari
6) Muhammad Iqbal

Dari tokoh Islam pada masa modern yang berkiprah di Mesir adalah ….

A. 1), 2), dan 3)
B. 2), 3), dan 4)
C. 3), 4, dan 5)
D. 4), 5), dan 6)
E. 5), 6), dan 1)

73. Menurut Harun Nasution, membagi sejarah Islam ke dalam tiga periode besar. Di antaranya masa tahun 1800 sampai sekarang. Pada masa itu oleh Harun Nasution disebut dengan ….

A. masa klasik
B. masa pertengahan
C. masa transisi
D. masa modern
E. masa kejayaan

74. Pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikiran tersebut dikemukakan oleh….

A. Jamaludin al-Afghani dan Sayyid Ahmad Khan
B. Muhammad Rasyid Ridha dan Jamaludin al-Afghani
C. Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal
D. Sultan Mahmud II dan Namik Kemal
E. Rifa’ah Baidawi dan Muhammad Ali Pasya

75. Tokoh pembaharu pada abad ke-18 yang mendirikan sekolah Maktebi Ma’aarif dan Maktebi Ulum’i edibiyet dan sekolah kedokteran, militer, dan teknik adalah…

A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi

76. Perhatikan kitab di bawah ini
1) Al-Qadha wa al-Qadar
2) Risalah tauhid
3) Syarh Nahjil Balaghah
4) Ishlahu al-Mahakim al-Syar’iyyah
5) Adab al-Alim wa al-Muta’allim

Dari kitab di atas yang merupakan karya Muhammad Abduh adalah ….

A. 1), 2), dan 3)
B. 2), 3), dan 4)
C. 3), 4, dan 5)
D. 4), 5), dan 1)
E. 5), 1), dan 2)

77. Di bawah ini adalah tokoh pembaharu yang dikenal dengan bapak pendiri Negara Pakistan adalah ….

A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Muhammad Iqbal

78. Di bawah ini adalah pokok-pokok pikiran KH. Ahmad Dahlan adalah kecuali ….

A. fondasi dalam pemerintahan dalam Islam mempunyai tujuan memberi persamaan bagi setiap muslim, melayani kepentingan dengan cara perundingan, dan menjaga keadilan
B. model pendidikan memadukan dua jenis yatu pesantren dan sekolah umum. Dalam pengajarannya menggabungkan antara sistem pengajaran pesantren dan Pendidikan Barat
C. tujuan utama pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang berbudi luhur, alim dalam agama, memiliki pandangan luas, dan paham tentang masalah ilmu keduniaan
D. pendidikan harus mencetak manusia-manusia yang berjiwa nasionalisme dan patriotisme, sehingga bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakat
E. materi pendidikan harus meliputi: pendidikan moral dan akhlak, pendidikan individu, dan pendidikan kemasyarakatan

79. KH. Hasyim Asy’ari adalah sosok yang produktif menulis kitab. Karya beliau yang berisi tentang pentingnya persatuan dan kesatuan di antara sesama umat Islam dalam merespon upaya-upaya yang telah dilakukan Belanda adalah….

A. Adab al-alim wa al-muta’allim
B. Al-Mawa’idz
C. Al-Nur al-Mubin
D. Al-Tanbihat wa al-wajibat
E. Al-Durar al-Muntatsirah

80. Di bawah ini yang bukan merupakan hikmah mempelajari perkembangan Islam pada abad modern, adalah ….

A. mendorong umat Islam untuk menguasai IPTEK
B. mendorong umat Islam untuk menjadi orang kaya
C. mendorong semangat untuk berjuang
D. mendorong umat Islam meraih kemajuan yang hakiki
E. mendorong umat Islam memiliki prinsip hidup yang kuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar