Berikanlah tanda silang (X) pada
opsi jawaban A, B, C, D atau E yang merupakan jawaban yang paling tepat!
1) Perhatikan Q.S. an-Nur/24: 2
berikut ini!
اَلزَّانِيَةُ وَالزَّانِيْ فَاجْلِدُوْا كُلَّ وَاحِدٍ
مِّنْهُمَا...ۖوَّلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اِنْ
كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۚ وَلْيَشْهَدْ
عَذَابَهُمَا طَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ٢
Lafal yang tepat untuk melengkapi
ayat tersebut adalah ….
A. مِائَةَ
جَلْدَةٍ
B. ميناتو حِباتين
C. ميناتين سينين
D. ميناتي آمين
E. ميناتي ألف
2. Perhatikan Q.S. al-Isra’/17:32
berikut ini!
لَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ
اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا ٣٢
Pada lafal yang bergaris bawah, secara berurutan, hukum bacaannya adalah ….
A. Alif lam qamariyah, mad thabi’i, mad ‘iwad
B. Alif lam syamsiyah, mad thabi’i, mad ‘iwad
C. Alif lam qamariyah, mad asli, mad ‘aridl lii sukun
D. Alif lam syamsiyah, mad jaiz munfasil, mad ‘iwad
E. Alif lam qamariyah, mad thabi’i, mad ‘aridl lii sukun
3.
A. 1 – a, 2 – b, 3 – c, 4 – d
B. 1 – b, 2 – c, 3 – d, 4 – a
C. 1 – c, 2 – d, 3 – a, 4 – b
D. 1 – d, 2 – b, 3 – c, 4 – a
E. 1 – e, 2 – a, 3 – b, 4 – c
4. Perhatikan penggalan Q.S. an-Nur/24: 2 berikut ini!
اَلزَّانِيَةُ
وَالزَّانِيْ فَاجْلِدُوْا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ
Berdasarkan ketentuan ayat tersebut, ancaman hukuman
untuk pezina laki-laki dan pezina perempuan jika terbukti bersalah adalah….
A. diasingkan dari negaranya
B. dicambuk hingga mati
C. dirajam hingga mati
D. dicambuk 100 kali
E. dirajam 100 kali
5. Kumbang adalah seorang perjaka yang akan menikahi
seorang gadis desa yang sudah hamil sebelum menikah. Zani adalah seorang suami
yang sering mengkhianati istrinya dengan seorang PSK. Zaniyati adalah seorang
janda yang merupakan selingkuhan seorang pria beristri. Mawar adalah seorang
istri yang berselingkuh dengan suami orang lain. Bunga adalah seorang janda
yang akan segera melangsungkan pernikahan dengan seorang duda.
Dari paparan tersebut, yang merupakan perbuatan zina
muhsan dilakukan oleh….
A. Zani
B. Bunga
C. Mawar
D. Zaniyati
E. Kumbang
6. Perhatikan pernyataan berikut
ini!
(a) memilih tayangan atau konten di media sosial dengan selektif
(b) menahan diri untuk tidak mendatangi tempat-tempat maksiat
(c) melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat merangsang syahwat
(d) mengenakan pakaian yang ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh
(e) melihat tayangan yang mengandung pornografi dan porno aksi
Dari pernyataan tersebut, yang
berupakan upaya untuk menghindari pergaulan bebas dan
zina ditunjukkan oleh….
A. (a) dan (b)
B. (a) dan (e)
C. (b) dan (c)
D. (c) dan (d)
E. (d) dan (e)
7. Perhatikan kutipan Q.S.
an-Nur/24: 2 berikut ini!
وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ
الْمُؤْمِنِيْنَ ٢
Maksud dari kutipan ayat tersebut
terhadap pelaksanaan hukuman bagi
para pelaku zina jika mereka terbukti bersalah adalah….
A. pelaksanakan hukuman tersebut
harus dilakukan oleh aparat yang
berwenang dengan penuh ketegasan.
B. pelaksanaan hukuman hendaklah disaksikan oleh sebagian orang yang
beriman atau penduduk wilayah tersebut
C. pelaksanaan hukuman hendaklah dilakukan setelah terdapat kesaksian
dari 4 orang dengan kesaksian yang sama
D. pelaksanaan hukuman hendaklah dilakukan setelah keluar
pengakuan dari pelaku
E. pelaksanaan hukuman untuk pezina yang sudah bersuami, hendaklah
dilakukan setelah sumpah (li’an) sang suami
8. Menghindari pergaulan bebas dan
perbuatan zina adalah usaha terus menerus yang harus dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari. Berikut ini yang bukan merupakan ikhtiar untuk menghindari pergaulan bebas dan
perbuatan zina adalah ….
A. menutup dan menjaga aurat
B. selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt.
C. menjaga pergaulan yang sehat dan beretika
D. selektif dalam memilih situs-situs di internet
E. mengikuti ajakan teman karena khawatir dibully dan dikucilkan
9. Dampak buruk dari perbuatan zina,
selain dapat menghilangkan kewibawaan dari pelakunya, juga berpotensi memicu
timbulnya tindak kriminal lanjutan. Berikut ini yang bukan merupakan kejahatan
lanjutan dari perbuatan zina adalah ….
A. tindakan aborsi dan praktek aborsi ilegal
B. tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak
C. tindakan membunuh dan membuang bayi yang dilahirkan
D. tindakan penelantaran terhadap anak hasil hubungan gelap
E. menutup aib dengan menyembunyikan kehamilan hasil zina
.
10. Perbuatan zina yang dilakukan di
masa remaja dan masa muda tentu akan berdampak bagi kehidupan di masa depan.
Berikut ini yang bukan merupakan dampak buruk perbuatan zina adalah ….
A. dilaknat oleh Allah Swt. dan
Rasul-Nya
B. dijauhi atau dikucilkan oleh masyarakat di sekitarnya
C. garis keturunan/nasab menjadi tidak jelas
D. anak hasil perbuatan zina tidak dapat dinasabkan kepada garis
keturunan ayah biologisnya
E. anak hasil perbuatan zina, akan tetap mendapat warisan dari ayahnya
.
11. Ketika cinta seseorang kepada Allah
Swt. mengakar kuat di dalam jiwanya, maka akan berpengaruh terhadap seluruh
kehidupannya, di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali …
A. mengikuti jalan pikiran orang lain
B. menjauhi perbuatan tercela
C. berkata jujur kepada semua orang
D. mengutamakan kepentingan agama
E. melaksanakan sunah-sunah nabi
12. Perhatikan narasi berikut ini!
Rasulullah Saw. telah menyalakan api cinta
pada hati para sahabatnya hingga mereka lebih mencintai Allah Swt. daripada
mencintai diri sendiri dan keluarganya. Para sahabat Nabi rela mengorbankan
jiwa demi cintanya kepada Allah Swt. Cinta kepada Allahlah yang menjadikan para
sahabat meninggalkan kenikmatan duniawi demi meraih kebahagiaan di akhirat.
Berdasarkan narasi di atas, hikmah yang
dapat diambil adalah …
A. cinta menyebabkan seseorang menjadi
pelupa
B. cinta kepada Allah Swt. melebihi cinta
kepada duniawi
C. diri sendiri tak memiliki kuasa dalam
uruan cinta
D. Allah Swt. menciptakan cinta agar
manusia sengsara
E. Manusia bisa bahagia tanpa rasa cinta
13. Kadar cinta kepada Allah Swt. harus
terus ditingkatkan. Di antara cara meningkatkan cinta kepada Allah Swt. adalah
dengan senantiasa membersihkan hati. Amalan berikut ini dapat membersihkan
hati, kecuali …
A. membiasakan diri membaca istigfar
B. bertaubat kepada Allah Swt.
C. mengulangi perbuatan maksiat diikuti
rasa takut
D. berbuat kebajikan di berbagai
kesempatan
E. mengingat kematian
14. Perhatikan narasi berikut ini!
Takut kepada Allah Swt. merupakan bukti
seorang hamba mengenal-Nya. Rasa takut tersebut akan semakin bertambah seiring
bertambahnya pengetahuan hamba terhadap Rabb-nya.
Berdasarkan narasi tersebut, manakah yang
merupakan penerapan sifat takut kepada Allah Swt. …
A. mengabaikan semua aturan yang berlaku
di masyarakat
B. membatasi diri untuk bertemu dengan
orang lain
C. memperbanyak teman di dunia maya
melalui akun medsos
D. bertindak sesuai norma agama, negara
dan masyarakat
E. menyesuaikan diri dengan peradaban di
dunia barat
15. Perhatikan narasi berikut ini!
Seseorang yang takut kepada Allah Swt.
berusaha menghindari api neraka dengan amal-amal saleh. Rasulullah Saw. pernah
bersabda.
Makna yang terkandung dalam hadis tersebut
adalah …
A. istigfar akan menghapus dosa seseorang
B. mendahulukan kepentingan Allah Swt. dan
rasul-Nya
C. melakukan amal dengan
bersungguh-sungguh
D. membantu fakir miskin dan kaum duafa
E. sedekah dapat menghindarkan diri dari
api neraka
16. Perhatikan narasi berikut ini
Seseorang yang takut kepada Allah Swt.
terjaga lisannya dari ucapan kasar yang menyakitkan lawan bicara. Ia akan
berhati-hati dalam bertutur kata, dan memastikan perkataannya mengandung nilai
manfaat. Berikut ini yang bukan merupakan dampak negatif berkata kasar kepada
orang lain adalah …
A. memicu perpecahan di antara sesama
B. terganggunya hubungan silaturahmi
C. terjadinya konflik sosial
D. tidak mendapat dukungan dari orang lain
E. meningkatkan popularitas
17. Raja’ berarti berharap untuk
memperoleh rahmat dan karunia Allah Swt. Sifat raja’ harus dibarengi
dengan amal-amal saleh, hal ini dikarenakan …
A. setiap amal akan mendapatkan pahala
dari Allah Swt. dengan balasan berlipat ganda
B. Allah Swt. tidak akan menerima amal
seseorang jika tidak ada sifat raja’ dalam hatinya
C. berharap kepada Allah Swt. hanya bisa
terwujud jika mendapatkan kesempatan yang baik
D. berharap kepada Allah Swt. tanpa
diikuti dengan amal, maka ia hanya berangan-angan belaka
E. amal saleh merupakan bekal untuk
menjalani kehidupan hakiki di akhirat kelak
18. Ketika seseorang memiliki sifat raja’
maka ia akan bersemangat untuk menggapai rahmat Allah Swt. Meskipun
bergelimangan dosa, ia tetap optimis mendapat ampunan Allah Swt. Agar seseorang
diampuni oleh Allah Swt. maka yang harus dilakukan adalah …
A. meratapi dosa-dosanya
B. menyebut kesalahannya berulang kali
C. taubat nasuha
D. menyesali kebodohannya
E. berdiam diri beberapa hari
19. Seseorang yang bertawakal adalah
seseorang yang mewakilkan atau menyerahkan hasil usahanya kepada Allah Swt.
Sifat ini merupakan bentuk kepasrahan kepada-Nya sebagai dzat yang Maha Kuasa
atas segala sesuatu.
Manakah contoh penerapan tawakal yang
paling tepat …
A. Rumi memarkir sepeda tanpa menguncinya
karena yakin keadaan aman
B. karena sakit, Andika meminum obat agar
diberi kesembuhan oleh Allah Swt.
C. Saat ingin membeli baju, Yunika butuh
waktu cukup lama untuk memilihnya
D. Rudi bersegera berbuat kebajikan karena
takut terkena azab Allah Swt.
E. Dafiq menyisihkan sebagian uang sakunya
untuk disedekahkan
20.Banyak manfaat yang diperoleh dari
sikap tawakal, di antaranya tercantum dalam Q.S. at-Talaq/65: 3 berikut ini
Berdasarkan ayat tersebut, manfaat sikap
tawakal adalah …
A. mendapatkan jaminan tercukupinya semua
kebutuhan hidupnya
B. mendapat prioritas masuk ke dalam surga
C. pikiran dan hati menjadi lebih terbuka
menerima kritikan
D. meningkatkan daya tahan tubuh terhadap
virus
E. meluaskan jaringan silaturahmi
21. Sifat seseorang yang mudah
tersulut emosi karena tidak senang dengan perlakuan atau perbuatan orang lain
disebut dengan…
A. al-hilm
B. syaja’ah
C. ghadhab
D. tahawwur
E. ittiba al-hawa
22. Hamzah adalah seorang yang
sangat sabar dan tenang setiap kali menghadapi masalah. Haris adalah seorang
yang penakut, bahkan cenderung pengecut. Hafidz adalah seorang yang sering
marah dengan membabi-buta dan sering merusak barang-barang di sekitarnya. Hakim
adalah seorang yang pemberani dan berwatak ksatria. Halim adalah seorang yang
pandai mengelola emosinya sehingga selalu tampil kalem dan santun. Dari
ilustrasi tersebut, yang memiliki sifat tahawwur adalah….
A. Haris
B. Halim
C. Hakim
D. Hafidz
E. Hamzah
23. Perhatikan pernyataan berikut!
a. Kelelahan yang berlebihan
b. Berani mengakui kesalahan
c. Berani meminta maaf terlebih dahulu
d. Kekurangan zat-zat tertentu dalam tubuh
e. Pengaruh hormonal jenis kelamin tertentu
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan penyebab munculnya sifat temperamental
antara lain ditunjukkan pada pernyataan….
A. a – b – c
B. a – c – d
C. a – d – e
D. b – c – d
E. b – d – e
24. Berikut ini yang bukan merupakan
contoh perilaku mujahaddah an-nafs seorang pelajar di lingkungan sekolah
yaitu….
A. Disiplin, patuh dan taat pada aturan serta tata tertib sekolah
B. Menghormati guru dan karyawan sekolah serta menghargai teman
C. Menjaga perilaku hidup sederhana tidak sombong dan tidak gengsi
D. Menghindari tindakan vandalisme atau mencorat-coret pagar sekolah
E. menyembunyikn fakta bahwa ada yang mengikuti ujian dengan curang
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X 234
25. Perhatikan kutipan hadis
berikut!
قُلِ اَلْحَقَّ، وَلَوْ كَانَ
مُرًّا
Contoh perilaku yang merupakan cerminan dari hadis tersebut dalam kehidupan
sehari-hari adalah….
A. berani karena benar, takut karena salah
B. mengatakan kebenaran atas sesuatu, meskipun berisiko
C. menyembunyikan fakta kebenaran, untuk melindungi seseorang
D. berani mengatakan rahasia dan menuduhkannya kepada orang lain
E. berani menyuarakan sesuatu, jika mendapatkan imbalan yang pantas
26. Perhatikan tabel berikut!
a Ghadhab 1 Membabi buta
b Tahawwur 2 Memperturutkan nafsu
c Ittiba’ al-Hawa 3 Temperamental
d Al-hilm 4 Pengecut
e. Jubun 5 Murah hati
Pasangan yang benar dari akhlak madzmumah dan akhlak mahmudah
tersebut adalah….
A. a - 3, b – 1, c – 2, d – 5, e – 4
B. a – 1, b – 2, c – 3, d – 4, e – 5
C. a – 2, b – 3, c – 4, 4 – 5, e – 1
D. a – 4, b – 5, c – 1, d – 2, e – 3
E. a – 5, b – 1, c – 2, d – 3, e – 4
27. Manfaat membiasakan sikap
syaja’ah bagi diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari adalah….
A. Menciptakan masyarakat yang merasa aman, nyaman dan tenteram
B. Tidak gentar menumpas tindakan kejahatan dan perbuatan kriminal
C. memiliki sikap dewasa dalam menghadapi semua persoalan
D. Tidak takut menghadapi kekurangan dan kemiskinan
E. Tidak takut hidup dalam kesederhanaan
28. Kristalisasi pendidikan karakter
untuk membentuk sikap syaja’ah memerlukan waktu yang panjang dan peran dari
berbagai stake holder terutama catur pusat pendidikan yang terkait, kecuali….
A. Campur tangan utama dari pola asuh dan pola didik dalam keluarga
B. Program-program penguatan karakter yang dilakukan di sekolah
C. Merupakan kewajiban sekolah secara menyeluruh
D. Faktor habituasi dan adat istiadat di masyarakat
E. Kajian dan penguatan di majelis-majelis taklim
29. Ridwan adalah seorang siswa
kelas X (sepuluh. sebuah SMA. Ia sering bermain dengan teman yang sudah tidak
bersekolah di sore dan malam hari. Suatu ketika, teman-temannya mengajak Ridwan
untuk pesta minuman keras, tetapi dengan tegas Ridwan menolak dan memilih untuk
segera pulang ke rumah. Sikap Ridwan tersebut merupakan contoh perilaku….
A. Al-Hilm
B. Ghadhab
C. Tahawwur
D. Ittiba al-hawa
E. Mujahaddah an-nafs
30. Berikut ini merupakan contoh
perilaku yang merupakan cerminan dari perilaku syaja’ah bagi seorang pelajar
adalah….
A. Ikut-ikutan bergabung dengan kelompok tawuran pelajar
B. Menjadi aktivis dakwah sekolah dengan bergabung di ROHIS
C. Mengikuti unjuk rasa dan demonstrasi yang berujung anarkis
D. Menjadi anggota geng motor dan berani membuat keributan di jalan
E. Mendaftarkan diri untuk menjadi relawan perang di wilayah konflik
31. Islam adalah agama universal
yang syariatnya mudah dilaksanakan oleh umatnya. Tujuan utama syariat Islam
adalah menolak kemudaratan. Berikut ini yang termasuk kategori menolak
kemudaratan adalah ….
A. mengharamkan riba dan penipuan
B. kewajiban puasa di bulan Ramadhan
C. salat sunah tahajud pada malam hari
D. anjuran menuntut ilmu
E. perintah menyantuni fakir miskin
32. Perhatikan firman Allah Swt.
dalam Q.S. az-Zariyat/51: 56 berikut ini!
Ayat tersebut menegaskan bahwa tugas manusia adalah beribadah kepada Allah Swt.
Oleh karena itu diperlukan sarana agar dapat beribadah sesuai aturan syariat.
Dalam hal ini al-kulliyattu al-khamsah yang paling dekat kaitannya dengan
ibadah yaitu ….
A. hifzhu al-nafs
B. hifzhu al-din
C. hifzhu al-nasl
D. hifzhu al-mal
E. hifzhu al-‘aql
33. Tidak ada paksaan dalam memilih
agama sesuai keyakinannya masingmasing. Hal ini merupakan contoh penerapan dari
salah satu al-kulliyatu al-khamsah. Dampak postif dari kebebasan beragama
adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. tumbuhnya rasa persatuan dan
kesatuan
B. terciptanya suasana damai di masyarakat
C. terwujudnya keharmonisan dalam kehidupan
D. menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat
E. terwujudnya kenyamanan dalam beribadah
34. Perhatikan narasi berkut ini!
Pada saat haji wada’, Rasulullah Saw. berkata: “Sesungguhnya darahmu, harta
bendamu, dan kehormatanmu adalah suci atas kamu seperti sucinya hari (hajimu)
ini, dalam bulanmu (bulan Zulhijah) ini dan di negerimu
(tanah suci) ini.” Perkataan Rasulullah Saw. tersebut merupakan contoh nyata
komitmen Islam dalam menjaga ….
A. agama
B. keturunan
C. akal
D. harta
E. jiwa
35. Perhatikan narasi berikut ini!
Tingginya perhatian Islam untuk menjaga jiwa manusia (al-nafs) dapat dilihat
dari diterapkannya hukuman qisas. Adanya ancaman hukuman mati ini, seharusnya
menjadikan siapa pun (individu, masyarakat, bahkan negara) harus berpikir
ribuan kali untuk melakukan tindakan penghilangan nyawa manusia tanpa sebab
yang dibenarkan oleh Islam. Hikmah dari pelakasanaan hukuman qisas yaitu ….
A. penerapan qisas merupakan upaya melindungi nyawa manusia
B. hukuman qisas akan menjadikan Islam semakin ditakuti
C. semakin banyak orang yang tak mau mendekati agama Islam
D. qisas merupakan hasil kesepakatan para mujtahid
E. memperlebar permusuhan dengan para pembenci Islam
36. Hifzhu al-’aql dilakukan dengan
cara menjaga akal pikiran agar dapat digunakan untuk berpikir. Langkah yang
tepat dan efektif untuk menjaga akal adalah semenjak masa kanak-kanak. Mengapa
demikian?
A. sangat mudah menanamkan nilai-nilai kebaikan kedalam diri anakanak
B. masa kanak-kanak hanya adalah masa untuk bermain sambil belajar
C. tidak akan banyak menemui kendala saat menanamkan nilai pada diri anak
D. seorang ibu akan sangat mudah membentuk kepribadian anakanaknya
E. linkungan tidak punya pengaruh apa pun pada diri anak
37. Perhatikan narasi beriku ini!
Pada saat Abu Bakar as-Shiddiq r.a menjabat sebagai khalifah, beliau berpidato:
“bantulah aku jika aku benar, dan jika aku salah maka luruskanlah aku”.
Karenanya rakyat tak segan untuk mengkritik kebijakan negara dan memberikan
pendapat kepada Abu Bakar r.a. Bahkan Abu Bakar as-Shiddiq r.a sering mengundang
para sahabat dan masyarakat untuk meminta masukan dan kritik terkait kebijakan
negara, dan kepemimpinannya. Berdasarkan narasi tersebut, kebijakan Abu Bakar
as-Shiddiq r.a. dalam rangka menjaga ….
A. agama
B. akal
C. jiwa
D. keturunan
E. harta
38. Nabi Muhammad Saw. memerintahkan
untuk menikah, sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhari
dari Abdullah bin Mas’ud r.a., ia berkata: ’kami bersama Nabi Saw. sebagai
pemuda yang tidak mempunyai apa-apa, lalu beliau bersabda kepada kami:
يَا مَعْشَرَ اَلشَّبَابِ ، مَنِ
اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ اَلْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ , فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ
, وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ , وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ ;
فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ . (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
Hikmah dari disyariatkannya
pernikahan adalah sebagai berikut, kecuali
….
A. memperoleh keturunan yang sah
B. mendapatkan ketenangan dalam berumah tangga
C. menambah beban ekonomi masyarakat
D. untuk menjaga kelestarian keturunan
E. melaksanakan sunah Nabi Saw.
39. Perhatikan narasi berikut ini!
Saat Rasulullah Saw. berdakwah di Makkah, beliau mendapatkan hinaan dan fitnah
dari kaum kafir Qurays. Keluarga besar beliau tampil sebagai pembela untuk
menyelamatkan Rasulullah Saw. Hal ini menjadi bukti bahwa menjaga
keberlangsungan keturunan (hifzhu al-nasl) sangatlah penting dalam kehidupan.
Hikmah yang dapat diperoleh dari narasi tersebut adalah ….
A. setiap keluarga pasti akan mendapat ujian dan cobaan dari Allah Swt.
B. tidak ada keluarga yang aman dari fitnah orang lain
C. keluarga yang besar lebih utama daripada keluarga kecil
D. semua anggota keluarga harus melakukan kerjasama dengan umat lain
E. setiap anggota keluarga berperan penting untuk menjaga keselamatannya
40. Perhatikan narasi berikut ini!
Pada masa khalifah Umar bin Khattab r.a., ada seorang petani Syiria yang
mengadu bahwa tanamannya telah terinjak-injak oleh pasukan muslimin, maka Umar
bin Khatab r.a. memerintahkan agar membayar ganti rugi kepada petani tersebut
yang diambilkan dari kas negara. Hal ini menjadi bukti bahwa …
A. pasukan militer harus mengetahui dan memahami etika berperang sesuai
ketentuan Islam
B. seorang rakyat harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara demi
kesejahteraan bersama
C. pemimpin harus mengutamakan keamanan negara daripada memperkuat kekuatan
militer
D. siapa pun tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat merusak atau merugikan
harta benda miliki orang lain
E. setiap kepala negara akan selalu menghadapi beragam persoalan yang
melibatkan rakyat dan tentara
41. Tradisi minum tuak, kepercayaan
animisme dan dinamisme pada masa sebelum datangnya Wali Songo, diluruskan oleh
para wali dengan metode dakwah yang penuh kelembutan dan kedamaian serta
pelan-pelan dan bertahap. Metode ini disebut dengan….
A. Tadrij
B. Takfiri
C. Tarkhim
D. ‘Adamul Haraj
E. Ahlul Halli wal ‘aqd
42. Dalam menyebarkan ajaran Islam
para Wali Songo juga tidak mengusik tradisi asli masyarakat Nusantara, tidak
menyakiti, bahkan tidak mengusik agama dan kepercayaan mereka, namun
memperkuatnya dengan cara-cara yang islami. Pendekatan ini disebut dengan….
A. Tadrij
B. Takfiri
C. Tarkhim
D. ‘Adamul Haraj
E. Ahlul Halli wal ‘aqd
43. Salah satu fokus dakwah Maulana
Malik Ibrahim atau Sunan Gresik adalah penghapusan sistem kastanisasi pada
ajaran Hindu, yaitu pengelompokan atau penggolongan manusia berdasarkan
golongan tertentu. Kasta yang terdiri dari golongan tokoh agama, pendeta dan
rohaniawan yang bekerja di bidang spiritual adalah kasta….
A. Brahmana
B. Ksatria
C. Waisya
D. Sudra
E. Biasa
44. Sunan Ampel mengenalkan ajaran
yang sangat berkaitan dengan kebiasaan masyarakat kala itu, yaitu ajaran Moh
Limo. Moh Limo berasal dari bahasa Jawa yaitu emoh (tidak mau. dan limo (lima..
Artinya ajaran yang mengajak masyarakat untuk tidak mau berjudi, mengundi nasib
dan memasang taruhan adalah….
A. moh main
B. moh maling
C. moh madat
D. moh ngombe
E. moh madon
45. Inti dari ajaran Sunan Drajat
adalah Catur Piwulang (Empat Pengajaran.. Makna dari salah satu ajaran untuk
Paring teken marang wong kang kalunyon lan wuto adalah….
A. memberikan pertolongan kepada orang yang sedang kesulitan
B. memberikan pakaian kepada orang yang sedang kedinginan
C. memberikan makan kepada orang yang sedang kelaparan
D. memberikan tempat berteduh bagi orang yang kehujanan
E. memberikan tempat tinggal bagi orang yang tuna wisma
46. Sebagai bentuk penghormatan dan
penghargaan kepada umat Hindu, Sunan Kudus melakukan strategi sebagai berikut….
A. membangun pancuran wudu berjumlah 8 dan meletakkan arca di atasnya
B. tidak menghapus tradisi dan adat istiadat yang berkembang di masyarakat
C. tidak menyembelih sapi pada saat Idul Adha karena sapi adalah hewan yang
dianggap suci bagi umat Hindu
D. membiarkan pelaksanaan selamatan, upacara adat, pemberian sesajen tetap
berkembang di masyarakat
E. menyusun syair-syair yang berisi tentang kecintaan kepada Allah Swt.
47. Pandangan politik Sunan Giri,
sering dijadikan rujukan, bahkan ketika Raden Patah melepaskan diri dari
kerajaan Majapahit untuk mendirikan Kerajaan Demak Bintoro, Sunan Giri
dipercaya meletakkan dasar-dasar kerajaan masa perintisan atau ahlal-halli wa
al-‘aqd, yaitu….
A. sebuah lembaga yang berwenang dalam memutuskan pengangkatan pemimpin dalam
politik Islam
B. sebuah lembaga yang memberikan keputusan tentang vonis atau hukuman bagi
orang yang melakukan kesalahan
C. sebuah lembaga yang menyusun peraturan perundang-undangan sebagai dasar
hukum pemerintahan
D. sebuah lembaga yang mengurus tentang pengelolaan upeti dan pajak dari
masyarakat
E. sebuah lembaga yang menentukan arah kebijakan politik dan strategi perang
kerajaan
48. Dalam menyebarkan agama Islam di
tanah Jawa, para Wali Songo memanfaatkan tradisi, adat istiadat serta kesenian
yang telah berkembang sebelumnya, dan disesuaikan dengan nafas dan ajaran
Islam. Di antara para wali yang mahir dalam memainkan kesenian wayang kulit dan
menjadikannya sebagai media dakwah yang efektif adalah….
A. Sunan Gresik
B. Sunan Ampel
C. Sunan Bonang
D. Sunan Kalijaga
E. Sunan Gunung Jati
49. Salah satu dari Wali Songo yang
di masa mudanya pernah melakukan tindakan pencurian dan perampokan kepada
pejabat-pejabat korup di kerajaan yang menyelewengkan uang upeti dari
masyarakat, kemudian membagikan hasil curian tersebut kepada orang-orang miskin
dan terlantar adalah….
A. Sunan Muria
B. Sunan Drajat
C. Sunan Kalijaga
D. Sunan Kudus
E. Sunan Giri
50. Berikut ini yang bukan merupakan
ragam metode dakwah yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati dalam proses
Islamisasi tanah Jawa, yang memiliki standar ganda sebagai seorang raja
sekaligus sebagai seorang ulama adalah….
A. Metode muidlah hasanah/nasihat-nasihat yang baik
B. Metode al-hikmah/menggunakan cara-cara yang bijaksana
C. Metode takfiri yaitu menganggap kafir orang yang tidak satu iman
D. Metode ta’awun yaitu saling tolong menolong dan berbagi ketugasan
E. Metode tadarruj/berjenjang, tingkatan belajar seorang murid (pesantren).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar