ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)
PERTAMA
TINGKAT SMA MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN : 2018 / 2019
Mata Pelajaran :
Kemuhammadiyahan
Kelas :
XII (Duabelas)
Semester :
Pertama
Waktu :
90 Menit
|
1. Secara bahasa, “khittah”
berasal dari bahasa Arab yaitu “khiththatun” yang artinya ... .
- undang-undang
- landasan
berpikir
- garis atau
langkah
- peraturan
organisasi
- pedoman
atau arahan
2. Khittah Perjuangan
Muhammadiyah dijadikan sebagai tuntunan pedoman dan arahan untuk berjuang bagi
anggota Muhammadiyah. Pernyataan tersebut adalah … .
- maksud dan fungsi Khittah Muhammadiyah
- maksud dan
arahan Khittah Muhammadiyah
- maksud dan
tujuan Khittah Muhammadiyah
- tujuan dan
fungsi Khittah Muhammadiyah
- fungsi dan
arahan Khittah Muhammadiyah
3. Khittah Muhammadiyah
dijadikan sebagai landasan bepikir bagi semua pimpinan dan anggota dan juga
dijadikan sebagai landasan amal usaha Muhammadiyah. Pernyataan tersebut adalah
... .
a. maksud Khittah
Muhammadiyah
b. hakikat Khittah
Muhammadiyah
c. arahan Khittah Muhammadiyah
d. fungsi Khittah Muhammadiyah
e. tujuan Khittah Muhammadiyah
4. Ketua umum pimpinan
Muhammadiyah yang merupakan tokoh empat serangkai adalah ... .
- KH. Hisyam
- KH. Mas Mansur
- KH. Ahmad Badawi
- KH. AR. Fachruddin
- KH. AR Sutan Mansur
5.
Berikut ini adalah langkah ilmi
dalam Dua Belas Langkah Muhammadiyah, kecuali ... .
a. menguatkan Mejelis
Tanwir
b. memperluas paham
agama
c. memperlua budi
pekerti
d. menuntun amal intiqad
e. menegakkan keadilan
6. Langkah yang tinggal
dilaksanakan tanpa membutuhkan keterangan dalam Dua Belas Langkah disebut
dengan langkah ... .
- ilmi d. perjuangan
- alami e. pengorbanan
- amali
7. Dibawah ini yang bukan
merupakan isi (matan) Khittah Palembang adalah ... .
- mengukuhkan
organisasi dan menertibkan administrasi
- mempertinggi
mutu anggota dan membentuk kader
- memperbanyak
dan mempertinggi mutu amal
- melaksanakan
ukhuwah Islamiyah
- menghubungkan
gerakan luar
8. Khittah Palembang
dirumuskan pada periode kepemimpinan KH. AR. Sutan Mansur. Khittah ini
ditetapkan dalam Muktamar Muhammadiyah ke
... .
- 32 d. 35
- 33 e. 36
- 34
9. Penyusunan Khittah
Ponorogo tahun 1969 dibagi menjadi 2 bentuk yaitu ... .
a. pola dasar perjuangan
dan program dasar perjuangan
b.
program unggulan dan program 25
tahun
c. program jangka pendek
dan menengah
d. langkah amali dan
langkah ilmi
e. pola umum dan pola
khusus
10. Terdapat dua saluran
dakwah amar ma’ruf nahi munkar
yang terdapat pada Khittah Ponorogo tahun 1969, yaitu ... .
a. sosial dan ekonomi
b. politik dan ekonomi
c. budaya dan adat
istiadat
d. politik dan
kemasyarakatan
e. sosial dan
kemasyarakatan
11. Muhammadiyah
menekankan bahwa tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan kekuatan ... .
- ekonomi d.
budaya
- politik e. militer
- sosial
12. Khittah Perjuangan
Muhammadiyah yang dirumuskan pada periode KH. AR. Fachrudin tahun 1978 adalah
... .
a.
Khittah Ujung Pandang
b.
Dua Belas Langkah
c. Khittah Palembang
d. Khittah Ponorogo
e. Khittah Surabaya
13. Khittah Denpasar diputuskan dalam sidang Tanwir Muhammadiyah
tahun 2000 yang mengandung padangan Muhammadiyah mengenai kehidupan … .
a.
kebudayaan masyarakat
b.
berbangsa dan bernegara
c.
sosial kemasyarakatan
d.
perekonomian bangsa
e.
politik kenegaraan
14. KH. AR. Fachdrudin
paling lama memimpin Muhammadiyah selama ... .
- 26 tahun d. 23 tahun
- 25 tahun e. 22 tahun
- 24 tahun
15. Dalam bahasa
Perancis, kader biasa disebut dengan cadre atau les cadres yang
berarti ... .
a. sekelompok manusia
yang mempunyai tanggung jawab dalam memajukan sebuah organisasi
b. sekelompok manusia
yang dibentuk menjadi orang yang tangguh sebagai subyek dakwah organisasi
c. Kelompok manusia yang
terbaik karena terlatih dan terdidik yang merupakan inti dan tulang punggung
(kerangka) dari kelompok yang lebih besar dan permanen
d. anggota inti yang
menjadi bagian terpilih dalam lingkup dan lingkungan pimpinan serta mendampingi
di sekalian kepemimpinan
e. empat persegi panjang
atau kerangka yang kokoh yang merupakan jantungnya organisasi
16. Suatu proses
pembentukkan seorang kader secara terstuktur dalam organisasi adalah pengertian
... .
a. kader d. integrasi
b. kaderisasi e. konsolidasi
c. sosialisasi
17. Membentuk kader
Persyarikatan yang memiliki ruh (spirit) serta mempunyai integritas dan
kompetensi untuk berperan di Persyarikatan dalam kehidupan umat dan dinamika
bangsa serta konteks global merupakan ... .
- tujuan
kaderisasi d. hakikat
kaderisasi
- fungsi kaderisasi e.
karakter kaderisasi
- jenis kaderisasi
18. Pengenalan Muhammadiyah sejak dini di rumah, misalnya melalui
lagu Sang Surya, merupakan jalur kaderisasi yang dilakukan lewat ... .
- Baitul Arqam d.
Amal Usaha
- Program Khusus e.
Keluarga
- Organiasi Otonom
19. Muhammadiyah memandang bahwa keluarga selain befungsi sebagai media
sosialiasi nilai-nilai Islam juga sebagai wahana ... .
a.
pendidikan d.
sosialisasi
b. kaderisasi e. transformasi
c.
integrasi
20. Penanaman nilai-nilai
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan secara berkelanjutan di lembaga pendidikan yang
dilakukan lewat ... .
a. Keluarga d. Amal Usaha
b. Program Khusus e. Baitul Arqam
c. Organiasi Otonom
21. Di bawah ini yang tidak
termasuk dalam arah kaderisasi Muhammadiyah adalah ... .
- pembinaan
kebatinan
- pembinaan
ke-Islaman
- pembinaan
jiwa persyarikatan
- pembinaan
keilmuan dan wawasan
- pembinaan
kepemimpinan dan manajemen
22. Di bawah ini yang
termasuk dalam Kompetensi Keberagamaan kader Muhammadiyah adalah ... .
a. fathanah d.
istiqamah
b. tekun ibadah e.
tajdid
c. kesalehan
23. Di bawah ini yang
termasuk dalam Kompetensi Akademis Intelektual kader Muhammadiyah adalah ... .
a. tekun ibadah d. istiqamah
b. kesalehan e. fathanah
c. tajdid
24. Di bawah ini yang
termasuk dalam Kompetensi Sosial Kemanusiaan kader Muhammadiyah adalah ... .
a. shidiq d. moderat
b. amanah e. tajdid
c. suka beramal
25. Bentuk kegiatan
kaderisasi yang masuk kategori perkaderan utama adalah ... .
a. pelatihah tata kelola d. pengajian khusus
b. pelatihan instruktur e. diklat khusus
c. darul arqam
26. Program khusus adalah kegiatan-kegiatan, baik formal maupun non
formal yang diselenggarakan oleh … .
a.
Majelis Pendidikan Kader
b.
Amal Usaha Muhammadiyah
c.
Angkatan Muda Muhammadiyah
d.
Organisasi Otonom Muhammadiyah
e. Majelis Pendidikan
Dasar dan Menengah
27. Tugas pokok
organisasi otonom Muhammadiyah daiatur dalam Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah
pada ... .
a.
Pasal 18 d.
Pasal 21
b. Pasal 19 e. Pasal 22
c. Pasal 20
28. Organisasi Otonom
khusus yang diberikan kewenangan untuk
menyelenggarakan amal usaha sendiri adalah … .
- Ikatan Pelajar Muhammadiyah
- Pemuda Muhammadiyah
- Pandu Hizbul Wathan
- Nasyiatul Aisyiah
- Aisyiah
29. Di bawah ini yang merupakan empat pilar perkaderan Aisyiah
adalah ... .
a. kader berbasis
keluarga, kader Ortom, kader Muhammadiyah dan kader AUM
b.
Kader berbasis masyarakat, kader
Ortom, kader Aisyiah dan kader pimpinan
c. kader berbasis
keluarga, kader AMM, kader Amal Usaha Aisyiah dan kader pimpinan
d. kader berbasis masyarakat, kader Ortom, kader IPM dan kader pimpinan
e. kader berbasis
keluarga, kader Ortom, kader pimpinan dan kader AUM
30. Kaderisasi Aisyiah
melalui jalur perkaderan formal adalah ... .
- perkaderan
yang dilaksanakan secara terprogram di luar kegiatan pelatihan
- perkaderan
yang dilakukan melalui pelatihan-pelatihan dalam berbagai macam bentuk dan
jenisnya
- pembinaan
dan pengembangan kader serta pimpinan
- perkaderan
yang dilakukan secara tidak resmi dalam interaksi kehidupan anggota.
Pimpinan maupun kader
- perkaderan
yang secara khusus untuk menyiapkan kader-kader melalui perkaderan pondok
pesantren dan sekolah kader
31. Taruna Melati
merupakan bentuk perkaderan formal utama di ... .
a.
PanduHizbul Wathan
b.
Pemuda Muhammadiyah
c.
Ikatan Pelajar Muhammadiyah
d.
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
e.
Tapak Suci Putera Muhammadiyah
32. Perhatikan pernyataan
berikut !
(1) Komponen
Pra-Perkaderan
(2) Komponen Perkaderan
Khusus
(3) Pelatihan Kader
Taruna Melati 1
(4) Komponen Perkaderan
Pendukung
(5) Pelatihan dan
Fasilitator Pendampingan
(6) Komponen Perkaderan
Utama
Pernyataan di atas yang merupakan komponen dan
jenjang perkaderan dalam IMM ditunjukkan pada nomor ... .
- (2), (3),
(4) dan (6) d. (1), (2), (4) dan
(6)
- (2), (3),
(4) dan (5) e. (1), (2), (3) dan
(4)
- (1), (2),
(4) dan (5)
33. Di bawah ini yang
merupakan komponen pada perkaderan khusus IMM adalah ... .
a. Pelatihan Penelitian dan
Penulisan Karya Ilmiah
b. Latihan Instruktur
Paripurna
c. Pelatihan
Kepemimpinan
d. Darul Arqam Paripurna
e. Pelatihan Jurnalistik
34. Sistem perkaderan Nasyiah yang bersifat Perkaderan informal adalah ... .
- perkaderan
yang wajib diikuti oleh semua anggota Nasyiah
- perkaderan
yang sifatnya pilihan, yang sesuai dengan minat dan bakat
- perkaderan
yang dilaksanakan secara sistematik
- perkaderan
yang dilaksanakan dalam bentuk pendidikan, pelatihan dan pendampingan
- perkaderan
yang sifatnya untuk menunjang pengembangan dan pelaksanaan organisasi
35. Berikut ini yang
merupakan jenis perkaderan non formal dalam Pemuda Muhammadiyah ... .
a. pelatihan
kewirausahaan
b. pelatihan
kepemimpinan
c. pelatihan kader
khusus politik
d. pelatihan kader
khsusus dakwah
e. penataran pimpinan
khusus pemimpin
36. Perhatikan pernyatan
berikut !
(1) Penataran Pimpinan
Khusus Pimpinan
(2) Pelatihan Kader
Khsusu Dakwah
(3) Pelatihan Tata Kelola
Organisasi
(4) Diklat Khusus
(5) Pelatihan
Kepemimpinan
(6) Pelatihan Pelatih
Pernyataan berikut yang termasuk jenis perkaderan
formal Pemuda Muhammadiyah ditunjukkan pada nomor ... .
- (1), (2),
(3) dan (4) d. (2), (3), (4) dan
(5)
- (1), (2),
(4) dan (5) e. (2), (3), (4) dan
(6)
- (1), (2),
(5) dan (6)
37. Di bawah ini
merupakan maksud dan tujuan dari Tapak Suci Putra Muhammadiyah, kecuali
... .
a. mendidik dan membina
anggota untuk menjadi kader Muhammadiyah
b. mendidik serta
membina ketangkasan dan keterampilan pencak silat sebagai seni bela diri
Indonesia
c. menggembirakan dan
mengamalkan dakwah amar ma’ruf nahi munkar dalam usaha mempertingi ketahanan
nasional
d. memelihara kemurnian
pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia yang tidak menyimpang dari ajaran
Islam sebagai budidaya bangsa
e. upaya transformasi
dan penanaman nilai sejak dini untuk kepentingan kemajuan dan pengembangan
persyarikatan
38. Jenjang ketingkatan
dalam Perguruan Seni Bela diri Tapak Suci terdiri dari 15 tingkat, yang terbagi
dalam tiga tingkatan yaitu ... .
- kader,
pelatih dan pendekar
- siswa,
kader dan pendekar
- suhu,
kader dan pendekar
- siswa,
kader dan pelatih
- siswa,
pelatih dan suhu
39. Tingakt siswa dasar
tiga pada jenjang ketingkatan Seni Bela Diri Tapak Suci Putra Muhammadiyah
ditandai denga sabuk warna ... .
a. biru melati 4 d.
hitam melati 3
b. kuning melati 4 e. merah melati 3
c. kuning melati 3
40. Wadah kegiatan secara
organisatoris fungsional bahkan potensial bagi regenerasi organisasi adalah ...
.
- Angkatan
Muda Muhammadiyah
- Amal Usaha Muhammadiyah
- Lembaga Muhammadiyah
- Sekolah Muhammadiyah
- Majelis Muhammadiyah
|
41. Tulis 4 (empat) macam Khittah Perjuangan Muhammadiyah !
42. Tulis 4 (empat) dari duabelas langkah Muhammadiyah yang termasuk
langkah ilmi !
43. Tulis 4 (empat) sektor
sebagai jalur kaderisasi Muhammadiyah !
44. Tulis 4 (empat) arah
yang dituju dalam proses perkaderan Muhammadiyah !
45. Tulis 4 (empat)
organisasi otonom umum di Muhammadiyah !
Nama:Rindi Artika
BalasHapusKelas:XII TKJ B
1.C
2.B
3.D
4.B
5.E
6.C
7.E
8.B
9.A
10.D
11.E
12.E
13.B
14.E
15.C
16.B
17.A
18.E
19.B
20.C
21.A
22.B
23.C
24.C
25.C
26.A
27.C
28.E
29.C
30.B
31.C
32.D
33.B
34.C
35.C
36.C
37.C
38.B
39.C
40.A
Kirim jawaban buat belajar soal
HapusIni benar
HapusNama: Rusli
BalasHapusKelas :XII
1.C
2.B
3.D
4.B
5.A
6.B
7.E
8.B
9.A
10.D
11.B
12.E
13.B
14.E
15.D
16.B
17.A
18.E
19.B
20.D
21.A
22.B
23.C
24.C
25.C
26.A
27.D
28.E
29.C
30.B
31.C
32.D
33.B
34.E
35.C
36.C
37.E
38.B
39.C
40.A
XII TKj b
HapusKhisti komahriah ( XII tkj b )
BalasHapus1. C
2. B
3. D
4. B
5. A
6. C
7. E
8. B
9. A
10.D
11.
12.E
13.B
14.D
15.B
16.B
17.A
18.E
19.B
20.C
21.A
22.B
23.C
24.C
25.C
26.A
27.C
28.E
29.C
30.B
31.C
32.D
33.B
34.C
35.C
36.C
37.C
38.B
39.C
40.A
Pak ini saya khisti nmr 11nye blm.
Hapus11.E
saya nyotet:v
BalasHapusNama : Heltesa Raini
BalasHapusKelas : XII OTKP
1.C
2.B
3.D
4.B
5.A
6.B
7.E
8.B
9.A
10.D
11.B
12.E
13.B
14.E
15.D
16.B
17.A
18.E
19.B
20.D
21.A
22.B
23.C
24.C
25.C
26.A
27.D
28.E
29.C
30.B
31.C
32.D
33.B
34.E
35.C
36.C
37.E
38.B
39.C
40.A