MATERI BAHASA ARAB KELAS 10 TENTANG TA`ARUF (PERKENALAN)


MATERI KELAS 10
MATERI KALI INI KITA AKAN MEMBAHAS TENTANG
التَّعَارُفُ

PERTAMA KALI KITA MENGUCAPKAN SALAM :


 السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Setelah mengucapkan salam, jangan lupa meminta izin kepada teman-teman atau yang lainnya begini caranya:

اِسْمَحُوالِيْ أَنْ أُعَرِّفَكُمْ عَلَى نَفْسِيْ

perkenalkan saya untuk memperkanalkan diri saya kepada kalian semua

Barulah kita memperkenalkan diri kita dengan mengucapkan contoh:
اِسْمِي الْكَامِل : رِفْقِي أَتْقِيَاء
Nama lengkap saya: Ripki Atkia

baik laki ataupun perempuan tetap menggunakan
اِسْمِي الْكَامِل
contoh untuk perempuan:
اِسْمِي الْكَامِل: فَاطِمَة اَلزَّهْرَى
nama lengkap saya: Fatimah Azzahra

Kemudian kita perkenalkan bagaimana orang lain memanggil kita, atau panggilan kita, kita bisa menggunakan kalimat:
تُنَادُوْنَنِيْ : رِفْقِيْ
kalian bisa panggil saya: Ripki

Lalu kita menghabarkan umur kita contoh:
عُمْرِي : خَمْسَ عَشْرَة سَنَة
umur saya 15 tahun
عُمْرِي : سَبْعَ عَشْرَة سَنَة
Umur saya 17 tahun

Lalu mengabarkan asal tempat tinggal kita contoh:
اَنَا مِنْ مَدِيْنَةِ جَاكَرْتَا
Saya dari kota Jakarta
Dan boleh menyebutkan tempatnya dimana dengan kalimat بِالضَّبْط
Contoh:
اَنَا مِنْ مَدِيْنَةِ جَاكَرْتَا ِبالضَّبْط بِالْكَامَايُوْرًا
Saya dari kota Jakarta tepatnya di kemayoran

Lalu menyebutkan hobi contoh:
هِوَايَتِي لُعْبَةُ كُرَّةِ الْقَدَمِ
Hobi saya bermain bola

هِوَايَتِي قِرَاءَةُ الرِّوَايَة
Hobi saya membaca Novel
هِوَايَتِي اَلسِّبَاحَة
Hobi saya berenang
هِوَايَتِي مُشَاهَدَةُ الْأَفْلاَمِ
Hobi saya nonton film
dan banyak hobi yang lainnya sesuai hobi masing-masing

Lalu yang terkhir menjelaskan tentang cita-cita contoh:
أُمْنِيَتِيْ أُرِيْدُ أَنْ أَكُوْنَ مُدَرِّسًا
cita-cita saya ingin menjadi seorang Guru

أُمْنِيَتِيْ أُرِيْدُ أَنْ أَكُوْنَ طَبِيْبًا
cita-cita saya ingin menjadi seorang Dokter

أُمْنِيَتِيْ أُرِيْدُ أَنْ أَكُوْنَ مُحَاضِرًا
cita-cita saya ingin menjadi seorang Dosen
 
dan banyak cita-cita yang lainnya


Jika sudah merasa cukup maka akhiri dengan :

هَذَا تَعاَرُف منِّي شُكْرًا جَزِيْلاً عَلَى إِهْتِمامكُمْ
ini perkenalan saya terimakasih banyak atas perhatiannya
lalu akhiri dengan salam

KESIMPULAN
تعارف

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

اِسْمَحُوالِيْ أَنْ أُعَرِّفَكُمْ عَلَى نَفْسِيْ

اِسْمِي الْكَامِل : رِفْقِي أَتْقِيَاء

تُنَادُوْنَنِيْ : رِفْقِيْ

عُمْرِي : سَبْعَ عَشْرَة سَنَة

اَنَا مِنْ مَدِيْنَةِ جَاكَرْتَا ِبالضَّبْط بِالْكَامَايُوْرًا

هِوَايَتِي لُعْبَةُ كُرَّةِ الْقَدَمِ

أُمْنِيَتِيْ أُرِيْدُ أَنْ أَكُوْنَ مُدَرِّسًا

هَذَا تَعاَرُف منِّي شُكْرًا جَزِيْلاً عَلَى إِهْتِمامكُمْ
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Tidak ada komentar:

Posting Komentar