SOAL KEMUHAMMADIYAHAN PAS GANJIL KELAS XII 2019-2020


Mata Pelajaran            : Kemuhammadiyahan
Kelas                           : XII (Duabelas)
Semester                      : Pertama
Waktu                         : 90 Menit

A. jawablah!
 
 



1.      Khittah artinya garis atau langkah yang berasal dari bahasa Arab yaitu ... .
A.    khiththatun                 D. muhiithun
B.     yukhoththithu             E. khoththotho
C.     mukhoththothun

2.      Fungsi dari Khittah Perjuangan Muhammadiyah adalah ... .
A.    landasan idiil yang mengandung persoalan pokok bidang ideologi
B.     landasan, pedoman dan pegangan bagi gerak perjuangan Muhammadiyah
C.     jiwa dan semangat pengabdian serta perjuangan Muhammadiyah
D.    landasan  befikir dan amal usaha setiap pimpinan dan anggota Muhammadiyah
E.     pedoman yang berisi arah, kebijakan atau langkah yang dirumuskan Muhammadiyah

3.      Berikut ini komponen yang termasuk ke dalam landasan operasional Muhammadiyah adalah ... .
A.    Kepribadian Muhammadiyah
B.     Khittah Perjuangan Muhammadiyah
C.     Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah
D.    Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah
E.     Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah

4.      Memperluas paham agama termasuk salah satu butir dua belas langkah Muhammadiyah yang dikelompokkan ke dalam ... .
A.    langkah amali              D. langkah alami
B.     langkah imani              E. langkah intiqadi
C.     langkah ilmi

5.      Menguatkan majelis tanwir merupakan bagian dari langkah amali yang tinggal dilaksanakan tanpa membutuhkan ... .
A.    pedoman                     D. perjuangan 
B.     penjelasan                    E. pengorbanan
C.     pengabdian     

6.      Mengetahui sesuatu yang benar dengan ilmu dan pikiran merupakan pengertian dari ... .
A.    ihsan                            D. hikmah
B.                 iman                            E. Islam
C.     ikhlas  

7.      Khittah Palembang tahun 1956 ditetapkan dalam Muktamar Muhammadiyah ke ... .
A.    33                                D. 36
B.     34                                E. 37
C.     35       

8.      Berikut ini yang merupakan isi matan khittah Palembang adalah ... .
A.    menegakkan keadilan
B.     menguatkan persatuan
C.     melakukan kebijaksanaan
D.    mengawaskan gerakan jalan
E.     mempererat ukhuwah Islamiyah

9.      Saluran politik dan masyarakat merupakan dua saluran dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang terdapat pada khittah ... .
A.    Denpasar                     D. Surabaya
B.     Palembang                   E. Ujung Pandang
C.     Ponorogo        

10.  Pada prinsipnya khittah Ponorogo isinya dibedakan menjadi dua, yaitu pola dasar perjuangan dan ... .
A.    program amal usaha
B.     program dasar perjuangan
C.     program peran masyarakat
D.    program kepemimpinan Islam
E.     program pembentukan pimpinan

11.  Khittah perjuangan Muhammadiyah tahun 1978 atau khittah surabaya dirumuskan pada periode ....
A.    Dr. Din Syamsuddin  
B.     KH. Mas Mansyur
C.     KH. Ahmad Dahlan
D.    KH. AR. Fakhruddin
E.     Buya Syafi’i Ma’arif  

12.  Khittah Denpasar tahun 2002 dicetuskan dalam kerangka memperjelas sikap Muhammadiyah dalam hubungannya dengan kehidupan ... .
A.    beragama
B.     berpolitik        
C.     ukhuwah Islamiyah
D.    berilmu pengetahuan
E.     berbangsa bernegara


13.  Nilai akhlak bagi muslim menurut dua belas langkah Muhammadiyah, kecuali ... .
A.    menepati janji            
B.     tertib berorganisasi     
C.     menjaga silahturahmi
D.    menegakkan keadilan
E.     takut hanya kepada Allah

14.  Berikut ini yang tidak termasuk perilaku politik Muhammadiyah menurut khittah tahun 1969, tahun 1971, tahun 1978 dan tahun 2002 adalah ....
A.    menggunakan hak dengan tanggung jawab
B.     bersifat netral dan tidak berafiliasi pada partai politik
C.     berjuang untuk kemaslahatan dalam berbangsa
D.    amar ma’ruf nahi munkar kepada pemerintah secara konstruktif
E.     mempunyai hubungan organisatoris pada partai politik

15.  Suatu komunitas masyarakat yang menjunjung sikap toleransi dan menghargai perbedaan merupakan pengertian dari masyarakat ... .
A.    ekslusif                        D. sipil
B.     marjinal                       E. primitif
C.     madani

16.  Kader biasa disebut dengan cadre atau les cadres  yang diambil dari bahasa ... .
A.    Belanda                       D. Yunani
B.     Perancis                       E. Inggris
C.     Spanyol          

17.  Kaderisasi merupakan suatu proses pembentukan dan pencetakan seorang kader dalam organisasi yang dilakukan secara ... .
A.    terstuktur                     D. permanen
B.     kontekstual                  E. inovatif
C.     fungsional

18.  Membentuk kader yang memiliki ruh (spirit) serta mempunyai integritas dan kompetensi untuk berperan di persyarikatan merupakan tujuan ... .
A.    dakwah Muhammadiyah
B.     kaderisasi Muhammadiyah
C.     amal usaha Muhammadiyah
D.    kepribadian Muhammadiyah
E.     pendidikan kemuhammadiyahan

19.  Muhammadiyah memandang bahwa keluarga berfungsi sebagai tempat sosialisasi nilai-nilai Islam juga sebagai media ... .
A.                pendidikan                  D. kaderisasi
B.     komunikasi                  E. politisasi
C.     transformasi   

20.  Kaderisasi Muhammadiyah dapat melalui jalur keluarga dengan sejak dini memperkenalkan anak di rumah Mars Muhammadiyah yang berjudul ... .
A.    sang pencerah              D. sang mentari
B.     sang rosul                    E. sang surya
C.     sang kiai
21.  Sekolah sebagai amal usaha Muhammadiyah yang menjadi salah satu jalur kaderisasi yang secara berkelanjutan dapat menanamkan nilai-nilai ... .
A.    Al-Islam dan kemuhammadiyahan
B.     toleransi dan anti korupsi
C.     sosial kemasyarakatan
D.    jiwa nasionalisme
E.     moral pancasila

22.  Jalur penting untuk memasok kader-kader muda yang kelak dapat mejadi pelopor, pelangsung dan penyempurna AUM adalah ... .
A.    keluarga                      
B.     organisasi otonom      
C.     sekolah Muhammadiyah
D.    Majelis Pendidikan Kader
E.     amal usaha Muhammadiyah

23.  Bentuk perkaderan utama Muhammadiyah tingkat Pusat yang dilakukan selama seminggu adalah ... .
A.    darul arqam                
B.     baitul arqam   
C.     pengajian khusus
D.    pelatihan instruktur
E.     pengajian pimpinan

24.  Di bawah ini yang merupakan arah yang dituju dalam proses pengkaderan Muhammadiyah adalah pembinaan ... .
A.    komitmen                    D. militansi
B.     solidaritas                    E. idealisme
C.     kepemimpinan

25.  Penanaman nilai-nilai Islam sesuai dengan pandangan Muhammadiyah merupakan arah yang dituju dalam pembinaan ... .
A.    kepemimpinan dan manajemen
B.     penguasaan keterampilan
C.     keilmuan dan wawasan
D.    jiwa persyarikatan
E.     ke-Islaman      

26.  Arah kaderisasi Muhammadiyah dalam pembinaan kepemimpinan dan manajemen, kecuali kemampuan ... .
A.    advokasi                      D. manajeman ide
B.     teknologi                     E. manajeman gerakan
C.     leadership

27.  Di bawah ini yang termasuk dalam kompetensi keberagamaan kader Muhammadiyah adalah ... .
A.    amanah                        D. istiqomah
B.     fathanah                      E. etos belajar
C.     moderat                      

28.  Salah satu indikator dalam kompetensi akademis intelektul kader Muhammadiyah adalah ... .
A.    shidiq                          D. keshalehan
B.     tajdid                           E. keikhlasan
C.     amanah

29.  Kepribadian yang baik dan utama merupakan salah satu indikator dari nilai-nilai kompetensi ... .
A.    intelektual                   D. ke-Islaman
B.     akademisi                    E. keberagamaan        
C.     sosial-kemanusiaan

30.  Menyampaikan kebaikan kepada orang lain, komunikatif dan terampil membangun jaringan disebut ... .
A.    tabligh                         D. fathanah
B.     shidiq                          E. amanah
C.     istiqomah                    

31.  Tugas pokok ortom diatur dalam Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah dalam pasal ... .
A.    24                                D. 21
B.     23                                E. 20
C.     22       

32.  Satuan organisasi yang memiliki wewenang mengatur rumah tangganya sendiri dengan bimbingan pimpinan Muhammadiyah disebut ... .
A.    organisasi agama         D. organisasi otonom
B.     organisasi massa          E. organisasi pemuda
C.     organisasi formal        

33.  Berikut ini yang tidak termasuk dalam empat pilar perkaderan Aisyiah adalah ... .
A.    kaderisasi keluarga     
B.     kaderisasi melalui AMM
C.     kaderisasi program khusus
D.    kaderisasi melalui amal usaha
E.     kaderisasi pimpinan organisasi

34.  Pelatihan kader Taruna Melati merupakan komponen perkaderan formal ... .
A.    IMM                            D. HMI
B.     IPM                             E. OSIS
C.     PII

35.  Suata komponen awal yang berfungsi untuk mengenalkan dan memasyarakatan IMM. Komponen dan jenjang perkaderan ini disebut ... .
A.    komponen perkaderan pendukung
B.     komponen perkaderan informal
C.     komponen perkaderan khusus
D.    komponen perkaderan utama
E.     komponen pra-perkaderan

36.  Masa Ta’aruf (Masta) merupakan komponen dan jenjang perkaderan dalam ... .
A.    KAMMI                      D. HMI
B.     PMII                           E. GMNI
C.     IMM

37.  Perkaderan informal merupakan perkaderan yang pelaksanaan organisasi disesuaikan kebutuhan. Bentuk perkaderan informal Nasyiah adalah ... .
A.    penataran pimpinan
B.     latihan instruktur
C.     pelatihan mubaligh
D.    pelatihan jurnalistik
E.     pelatihan kewirausahaan        

38.  Pemuda Muhammadiyah lahir dengan semnagat yang sama dengan berdirinya Muhammadiyah yaitu ... .
A.    Mempersiapkan kader dan generasi muda untuk siap menghadapi tantangan masa depan
B.     terciptanya kader bangsa yang dinamis, terampil dan tanggap terhadap perubahan
C.     terciptanya kader pimpinan yang siap berkembang di Muhammadiyah
D.    terciptanya kader dakwah Islam dalam amar ma’ruf nahi munkar
E.     membangun generasi yang tangguh untuk masa mendatang 

39.  Organisasi otonom yang merupakan gerakan kepanduan dalam Muhammadiyah adalah ... .
A.    Hizbullah                     D. Jaya Melati
B.     Hubbul Wathan           E. Jaya Matahari
C.     Hizbul Wathan

40.  Jenjang tertinggi dalam ketingkatan perguruan seni bela diri tapak suci adalah ... .
A.    pelatih                         D. siswa
B.     pendekar                     E. suhu
C.     kader  

B.     Soal nomor 41 sampai dengan 45 jawablah dengan benar dan tepat !
 
 



41.  Tulis 4 (empat) khittah perjuangan Muhammadiyah !
42.  Tulis 4 (empat) pribadi muslim/musimah menurut khittah Palembang !
43.  Tulis 4 (empat) sektor jalur kaderisasi Muhammadiyah !
44.  Tulis 4 (empat) arah pembinaan dalam proses perkaderan Muhammadiyah !
45.  Tulis 4 (empat) organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah !

1 komentar: