Mata Pelajaran :
Kemuhammadiyahan
Kelas :
XII (Duabelas)
Semester :
Pertama
Waktu :
90 Menit
|
1. Khittah artinya garis
atau langkah yang berasal dari bahasa Arab yaitu ... .
A. khiththatun D.
muhiithun
B. yukhoththithu E.
khoththotho
C. mukhoththothun
2. Fungsi dari Khittah Perjuangan
Muhammadiyah adalah ... .
A. landasan idiil yang
mengandung persoalan pokok bidang ideologi
B. landasan, pedoman dan
pegangan bagi gerak perjuangan Muhammadiyah
C. jiwa dan semangat
pengabdian serta perjuangan Muhammadiyah
D. landasan befikir dan amal usaha setiap pimpinan dan
anggota Muhammadiyah
E. pedoman yang berisi
arah, kebijakan atau langkah yang dirumuskan Muhammadiyah
3. Berikut ini komponen
yang termasuk ke dalam landasan operasional Muhammadiyah adalah ... .
A. Kepribadian
Muhammadiyah
B. Khittah Perjuangan
Muhammadiyah
C. Anggaran Rumah Tangga
Muhammadiyah
D. Muqaddimah Anggaran
Dasar Muhammadiyah
E. Matan Keyakinan dan
Cita-cita Hidup Muhammadiyah
4. Memperluas paham
agama termasuk salah satu butir dua belas langkah Muhammadiyah yang
dikelompokkan ke dalam ... .
A. langkah amali D.
langkah alami
B. langkah imani E. langkah intiqadi
C. langkah ilmi
5. Menguatkan majelis
tanwir merupakan bagian dari langkah amali yang tinggal dilaksanakan tanpa
membutuhkan ... .
A. pedoman D. perjuangan
B. penjelasan E.
pengorbanan
C. pengabdian
6. Mengetahui sesuatu
yang benar dengan ilmu dan pikiran merupakan pengertian dari ... .
A. ihsan D. hikmah
B. iman E.
Islam
C. ikhlas
7. Khittah Palembang
tahun 1956 ditetapkan dalam Muktamar Muhammadiyah ke ... .
A. 33 D. 36
B. 34 E. 37
C. 35
8. Berikut ini yang
merupakan isi matan khittah Palembang adalah ... .
A. menegakkan keadilan
B. menguatkan persatuan
C. melakukan
kebijaksanaan
D. mengawaskan gerakan
jalan
E. mempererat ukhuwah
Islamiyah
9. Saluran politik dan
masyarakat merupakan dua saluran dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang terdapat
pada khittah ... .
A. Denpasar D. Surabaya
B. Palembang E. Ujung Pandang
C. Ponorogo
10. Pada prinsipnya
khittah Ponorogo isinya dibedakan menjadi dua, yaitu pola dasar perjuangan dan
... .
A. program amal usaha
B. program dasar
perjuangan
C. program peran masyarakat
D. program kepemimpinan
Islam
E. program pembentukan
pimpinan
11. Khittah perjuangan
Muhammadiyah tahun 1978 atau khittah surabaya dirumuskan pada periode ....
A. Dr. Din Syamsuddin
B. KH. Mas Mansyur
C. KH. Ahmad Dahlan
D. KH. AR. Fakhruddin
E. Buya Syafi’i Ma’arif
12. Khittah Denpasar
tahun 2002 dicetuskan dalam kerangka memperjelas sikap Muhammadiyah dalam
hubungannya dengan kehidupan ... .
A. beragama
B. berpolitik
C. ukhuwah Islamiyah
D. berilmu pengetahuan
E. berbangsa bernegara
13. Nilai akhlak bagi
muslim menurut dua belas langkah Muhammadiyah, kecuali ... .
A. menepati janji
B. tertib berorganisasi
C. menjaga silahturahmi
D. menegakkan keadilan
E. takut hanya kepada
Allah
14. Berikut ini yang
tidak termasuk perilaku politik Muhammadiyah menurut khittah tahun 1969, tahun
1971, tahun 1978 dan tahun 2002 adalah ....
A. menggunakan hak
dengan tanggung jawab
B. bersifat netral dan
tidak berafiliasi pada partai politik
C. berjuang untuk
kemaslahatan dalam berbangsa
D. amar ma’ruf nahi
munkar kepada pemerintah secara konstruktif
E. mempunyai hubungan
organisatoris pada partai politik
15. Suatu komunitas
masyarakat yang menjunjung sikap toleransi dan menghargai perbedaan merupakan
pengertian dari masyarakat ... .
A. ekslusif D. sipil
B. marjinal E. primitif
C. madani
16. Kader biasa disebut
dengan cadre atau les cadres yang diambil dari bahasa ... .
A. Belanda D.
Yunani
B. Perancis E. Inggris
C. Spanyol
17. Kaderisasi merupakan
suatu proses pembentukan dan pencetakan seorang kader dalam organisasi yang
dilakukan secara ... .
A. terstuktur D. permanen
B. kontekstual E. inovatif
C. fungsional
18. Membentuk kader yang
memiliki ruh (spirit) serta mempunyai integritas dan kompetensi untuk berperan
di persyarikatan merupakan tujuan ... .
A. dakwah Muhammadiyah
B. kaderisasi
Muhammadiyah
C. amal usaha
Muhammadiyah
D. kepribadian
Muhammadiyah
E. pendidikan
kemuhammadiyahan
19. Muhammadiyah
memandang bahwa keluarga berfungsi sebagai tempat sosialisasi nilai-nilai Islam
juga sebagai media ... .
A. pendidikan D. kaderisasi
B. komunikasi E. politisasi
C. transformasi
20. Kaderisasi
Muhammadiyah dapat melalui jalur keluarga dengan sejak dini memperkenalkan anak
di rumah Mars Muhammadiyah yang berjudul ... .
A. sang pencerah D.
sang mentari
B. sang rosul E.
sang surya
C. sang kiai
21. Sekolah sebagai amal
usaha Muhammadiyah yang menjadi salah satu jalur kaderisasi yang secara
berkelanjutan dapat menanamkan nilai-nilai ... .
A. Al-Islam dan
kemuhammadiyahan
B. toleransi dan anti
korupsi
C. sosial kemasyarakatan
D. jiwa nasionalisme
E. moral pancasila
22. Jalur penting untuk
memasok kader-kader muda yang kelak dapat mejadi pelopor, pelangsung dan
penyempurna AUM adalah ... .
A. keluarga
B. organisasi otonom
C. sekolah Muhammadiyah
D. Majelis Pendidikan
Kader
E. amal usaha
Muhammadiyah
23. Bentuk perkaderan
utama Muhammadiyah tingkat Pusat yang dilakukan selama seminggu adalah ... .
A. darul arqam
B. baitul arqam
C. pengajian khusus
D. pelatihan instruktur
E. pengajian pimpinan
24. Di bawah ini yang
merupakan arah yang dituju dalam proses pengkaderan Muhammadiyah adalah
pembinaan ... .
A. komitmen D. militansi
B. solidaritas E.
idealisme
C. kepemimpinan
25. Penanaman nilai-nilai
Islam sesuai dengan pandangan Muhammadiyah merupakan arah yang dituju dalam
pembinaan ... .
A. kepemimpinan dan
manajemen
B. penguasaan
keterampilan
C. keilmuan dan wawasan
D. jiwa persyarikatan
E. ke-Islaman
26. Arah kaderisasi
Muhammadiyah dalam pembinaan kepemimpinan dan manajemen, kecuali kemampuan ...
.
A. advokasi D. manajeman ide
B. teknologi E. manajeman gerakan
C. leadership
27. Di bawah ini yang
termasuk dalam kompetensi keberagamaan kader Muhammadiyah adalah ... .
A. amanah D.
istiqomah
B. fathanah E. etos belajar
C. moderat
28. Salah satu indikator
dalam kompetensi akademis intelektul kader Muhammadiyah adalah ... .
A. shidiq D. keshalehan
B. tajdid E. keikhlasan
C. amanah
29. Kepribadian yang baik
dan utama merupakan salah satu indikator dari nilai-nilai kompetensi ... .
A. intelektual D.
ke-Islaman
B. akademisi E. keberagamaan
C. sosial-kemanusiaan
30. Menyampaikan kebaikan
kepada orang lain, komunikatif dan terampil membangun jaringan disebut ... .
A. tabligh D.
fathanah
B. shidiq E. amanah
C. istiqomah
31. Tugas pokok ortom
diatur dalam Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah dalam pasal ... .
A. 24 D. 21
B. 23 E. 20
C. 22
32. Satuan organisasi
yang memiliki wewenang mengatur rumah tangganya sendiri dengan bimbingan
pimpinan Muhammadiyah disebut ... .
A. organisasi agama D. organisasi otonom
B. organisasi massa E. organisasi pemuda
C. organisasi formal
33. Berikut ini yang
tidak termasuk dalam empat pilar perkaderan Aisyiah adalah ... .
A. kaderisasi keluarga
B. kaderisasi melalui
AMM
C. kaderisasi program
khusus
D. kaderisasi melalui
amal usaha
E. kaderisasi pimpinan
organisasi
34. Pelatihan kader
Taruna Melati merupakan komponen perkaderan formal ... .
A. IMM D. HMI
B. IPM E. OSIS
C. PII
35. Suata komponen awal
yang berfungsi untuk mengenalkan dan memasyarakatan IMM. Komponen dan jenjang
perkaderan ini disebut ... .
A. komponen perkaderan
pendukung
B. komponen perkaderan
informal
C. komponen perkaderan
khusus
D. komponen perkaderan
utama
E. komponen
pra-perkaderan
36. Masa Ta’aruf (Masta)
merupakan komponen dan jenjang perkaderan dalam ... .
A. KAMMI D. HMI
B. PMII E. GMNI
C. IMM
37. Perkaderan informal
merupakan perkaderan yang pelaksanaan organisasi disesuaikan kebutuhan. Bentuk
perkaderan informal Nasyiah adalah ... .
A. penataran pimpinan
B. latihan instruktur
C. pelatihan mubaligh
D. pelatihan jurnalistik
E. pelatihan
kewirausahaan
38. Pemuda Muhammadiyah
lahir dengan semnagat yang sama dengan berdirinya Muhammadiyah yaitu ... .
A. Mempersiapkan kader
dan generasi muda untuk siap menghadapi tantangan masa depan
B. terciptanya kader
bangsa yang dinamis, terampil dan tanggap terhadap perubahan
C. terciptanya kader
pimpinan yang siap berkembang di Muhammadiyah
D. terciptanya kader
dakwah Islam dalam amar ma’ruf nahi munkar
E. membangun generasi
yang tangguh untuk masa mendatang
39. Organisasi otonom
yang merupakan gerakan kepanduan dalam Muhammadiyah adalah ... .
A. Hizbullah D. Jaya Melati
B. Hubbul Wathan E. Jaya Matahari
C. Hizbul Wathan
40. Jenjang tertinggi
dalam ketingkatan perguruan seni bela diri tapak suci adalah ... .
A. pelatih D.
siswa
B. pendekar E.
suhu
C. kader
|
41. Tulis 4 (empat) khittah
perjuangan Muhammadiyah !
42. Tulis 4 (empat) pribadi
muslim/musimah menurut khittah Palembang !
43. Tulis 4 (empat) sektor
jalur kaderisasi Muhammadiyah !
44. Tulis 4 (empat) arah
pembinaan dalam proses perkaderan Muhammadiyah !
45. Tulis 4 (empat) organisasi
otonom (ortom) Muhammadiyah !
Ini jawabannya mana
BalasHapus